Ilustrasi CPNS (Beritahati.com)

Kitogalo.com, Palembang – Pengumuman hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018 sudah diumumkan secara serentak pada hari Minggu (21/10/2018) di masing-masing instansi maupun di sscn.bkn.go.id.

Melalui akun twitter BKN, diumumkan bahwa jumlah pelamar yang lolos dan dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 2.529.364 pelamar. Pengumuman lolos tidaknya pelamar CPNS 2018 bisa diketahui dengan login kembali di sscn.bkn.go.id.

Setelah dinyatakan lolos di seleksi administrasi, pelamar harus bersiap untuk mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD).

Baca Juga :

BRI Syariah Palembang Buka Lowongan Kerja Hingga Akhir Oktober, Buruan !

Mau Ikut Pertukaran Antar Negara, Yukk Gabung di Program AIESEC Unsri

Hati-hati ! Ada Penipuan Berkedok Lowongan Kerja di Angkasa Pura

Tes SKD ini terbagi menjadi tiga yaitu tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), dan tes wawasan kebangsaan (TWK). Simak Penjelasannya sampai selesai ya!

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
TWK merupakan tes yang digunakan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Tes tersebut mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

2. Tes Inteligensia Umum (TIU)
Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan.Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

TIU juga untuk menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram.

Selain itu juga kemampuan berpikir logis atau penalaran secara runtut dan sistematis. CPNS 2018 juga akan diuji kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan
secara sistematik.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja,
integritas diri, semangat berprestasi.

Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Kitogalo.com sudah merangkum pengumuman lolos tahap awal CPNS 2018 yang sudah diterbitkan oleh 15 kementerian RI :

1 – Kementerian Agraria dan Tata Ruang
Link

2 – Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham)
LINK

3 – Kementerian BUMN
LINK

4 – Mahkamah Agung
LINK

5 – Badan Siber dan Sandi Negara
LINK

6 – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa).
LINK

7 – Komisi Yudisial RI
LINK

8 – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
LINK

9 – Kejaksaan Agung
LINK

10. BPK
LINK

11. Komnas HAM RI
LINK

12. Kemenpan RB
LINK

13. Kementerian ESDM
LINK

14. Kementerian Kelautan dan Perikanan
LINK

15. Kementerian Kesekretariatan (Kemensetneg) RI
LINK

Semangat ya untuk yang siap-siap menuju tes!

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here