Sumber: Instagram pesonaokuselatan

Kitogalo.com – Ranau merupakan suatu kawasan yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) dan berada di sekitar Danau Ranau. Didaulat menjadi danau terbesar di Sumatera Selatan, Danau Ranau menyimpan banyak keindahan yang membentang di dua provinsi. Tak hanya danau, Ranau juga menyimpan kekayaan alam lainnya yang dapat dijadikan destinasi wisata. Apa saja destinasi-destinasi tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Gunung Seminung

Sumber: Instagram pesonaokuselatan

Gunung Seminung merupakan gunung berketinggian 1.881 mdpl yang ada di Ranau. Kaki gunung ini berada di sebuah danau, yakni Danau Ranau. sepanjang perjalanan menuju puncak, terdapat hamparan pohon kopi karena memang kopi merupakan hasil utama petani Ranau. Gunung ini masih aktif dengan mengeluarkan aliran air belerang panas ke kaki gunung.

2. Wisata Taman Langit

Sumber: Instagram @xploredanauranau

Bagi yang gak sanggup menggapai puncak Seminung boleh nih jalan-jalan di sekitaran kaki Gunung Seminung, yaitu Wisata Taman Langit. Lokasi yang tak jauh dari tepi danau dan melewati persawahan yang luas membuat taman langit menjadi tempat favorit para remaja untuk berkunjung. Dari Taman Langit juga masih bisa menikmati panorama perkampungan area Ranau.

3. Wisata Air Panas

Sumber: Instagram potret_ranau

Tempat yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk berendam di air hangat di tengah dinginnya cuaca Ranau. Air yang keluar dari gunung ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain untuk berekreasi kamu juga bisa berkunjung ke sini untuk mengatasi permasalahan kulit yang kamu hadapi.

4. Pulau Marisa

Sumber: Instagram potret_ranau

Pulau legend di Ranau ini cocok untuk dijadikan tempat piknik yang asyik lho! Nyiur yang berjejer di sepanjang pulau membuat tempat ini teduh dan membuai untuk hanya sekedar piknik. Berwisata ke sini akan benar-benar merasakan alam yang sesungguhnya karena memang kondisinya yang masih sangat natural dan terisolasi dari keramaian. Tapi jangan jangan khawatir, transportasi untuk ke sini masih tetap lancar kok.

5. Wisata Pusri

Sumber: Instagram potret_ranau

Wisata yang satu ini merupakan tempat berkumpulnya cottage yang keren di mana pemandangan dari balkon penginapannya langsung menghadap ke danau dan gunung. Makin asyik nih kalau rame-rame menginap bersama keluarga atau teman-teman. Enggak terbayang kan, bagaimana segarnya bangun tidur langsung menghirup udara segar di tepi danau?

6. Sesebik Hill

Sumber: Instagram Sesebik_hill

Bukit yang tak begitu tinggi ini menyediakan beragam latar belakang foto yang unik dan cantik lho, sangat direkomendasikan untuk kamu yang hobi foto. Sambil menyelam sambil minum air, sambil jalan-jalan ke alam sambil menambah koleksi foto instagramable. Mengunjungi Sesebik Hill bukan berati tidak bisa menikmati keindahan danau, tempatnya yang tinggi dan mengahadap ke danau bisa membuat kita bisa berganti latar belakang menjadi alam yang asri.

7. Pantai Pelangi

Sumber: Instagram pesonaokuselatan

Walau hanya danau, Ranau juga mendukung untuk menyediakan pantai layaknya di lautan. Pasir putih yang mendukung, deburan ombak yang menenangkan membuat kita seperti benar-benar di pantai. Tak heran jika Pantai Pelangi diberi pernak-pernik foto yang gunanya untuk memperindah suasana pantai. Kapan lagi bisa mengunjungi pantai tapi tidak di air asin.

8. Wisata Puncak Bersemi

Sumber: Instagram Puncakbersemi_official

Letak yang berlainan arah dengan Danau Ranau dan Gunung Seminung tak membuat puncak bersemi kalah pamor dengan tujuan wisata lainnya. Karena memang dari atas sini keindahan Danau Ranau dan hijaunya gunung masih bisa dilihat dan dinikmati. Selain itu, tak jauh dari puncak bersemi terdapat desa terbersih Oku Selatan yakni Desa Mekar Sari yang bisa dikunjungi dan dinikmati alam asrinya. Di sekitaran puncak bersemi juga terdapat banyak kebun sayur petani yang terbentang luas jadi sekalian bisa kunjungan agrowisata, kan?

9. Bendungan Banding Agung

Sumber: Instagram potret_ranau

Tujuan wisata yang satu ini bisa dibilang cukup tua untuk jadi objek kunjungan. Namun, keindahannya tak pernah terlupakan. Air danau yang dialirkan ke bendungan ini membawa daya tarik tersendiri. Gemericik air yang cukup deras membuat bendungan ini semakin indah. Bendungan yang terletak di Banding Agung ini selalu ramai pengunjung saat lebaran datang.

Nah, itulah keindahan tujuan wisata di sekitaran Danau Ranau. Jangan lupa mampir untuk berlibur menikmati indahnya alam di ujung Provinsi Sumatera Selatan ini ya. Dijamin tak akan menyesal dan jangan takut kehabisan aktivitas selama berkunjung. Salam pesona Indonesia.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here