Potret Khabib Nurmagomedov (Instagram @khabib_nurmagomedov)

Kitogalo.com, Palembang – Kemenangan yang diraih oleh Khabib Nurmagomedov melawan Conor McGregor, menjadi pembicaraan hangat di sosial media. Usai kemenangannya di ring tinju UFC 299 pekan lalu, Khabib Nurmagomedov kembali mengamuk karena menurutnya pihak lawan mengatakan hal yang berlebihan tentang dirinya, orangtuanya dan kehidupan pribadinya.

Pemenang UFC 299 ini merupakan warga Rusia kelahiran tahun 1988 yang memeluk Agama Islam. Tidak hanya dirinya, beberapa petinju internasional juga ada yang masuk dan memeluk Agama Islam. Berikut petinju berpengaruh yang beragama Islam dalam sejarah dunia:

1. Prince Naseem Hamid
Petinju asal Britania Raya Inggris ini memang berasal dari keluarga Muslim, tepatnya daerah Yaman.

Potret Prince Naseem Hamid (Brilio.net)

2. Amir Khan
Sama dengan Prince Naseem Hamed, Amir Khan juga berasal dari Britania Raya Inggris. Tapi ia dari keluarga Muslim asal Pakistan.

Potret Amir Khan (Brilio.net)

3. Bernard Hopkins
Ia berkompetisi dari tahun 1988 sampai 2016. Hopkins merupakan salah satu petinju tersukses selama 3 dekade lalu dan merupakan salah satu great middleweight champions sepanjang masa.

Potret Benard Hopkin (Brilio.net)

4. Mike Tyson
Petinju ini dikenal dengan sebutan Si Leher Beton. Lawan-lawannya sering dibuat K.O hanya dalam beberapa menit di ronde pertama. Pukulannya sangat keras dan merupakan petinju termuda yang menjadi juara kelas berat dunia di usianya yang belum genap 20 tahun.

Namun bak roda kehidupan, kegagalan perlahan mulai menghinggapi Tyson. Dimulai dari kekalahannya perdananya di tangan James Buster Douglas pada tahun 1990. Tyson mulai berubah menjadi sosok yang rapuh. Kehidupan Tyson jatuh ke titik terendah saat ia harus mendekam di penjara karena kasus pemerkosaan terhadap Desiree Washington.

Di dalam penjara, Tyson yang bersahabat dengan Muhammad Siddeeq, yang membuatnya memutuskan untuk memeluk Islam dan mengganti nama baru yaitu Malik Abdul Aziz. Namun Tyson memilih untuk menggunakan nama lamanya dalam kehidupan sehari-hari. Persahabatannya dengan Hakeem Olajuwon dan kekagumannya pada Muhammad Ali juga berperan besar di balik keputusannya. Masuknya Tyson ke Islam adalah salah satu berita besar yang ada di tahun 90-an.

5. Muhammad Ali
Ia merupakan petinju dunia yang dikenal secara luas sebagai salah satu tokoh olahraga yang paling signifikan, kontroversial dan berpengaruh baik di atas ring maupun di luar arena.

Potret Mike Tyson (Brilio.net)
Potret Muhammad Ali (deitk.com)

6. Khabib Nurmagomedov
Tempat kelahiran Khabib tepatnya di sebuah desa bernama Slidi, di Distrik Tsumadinsky bagian dari Dagestan. Tsumadinsky berarti elang dan dari situlah julukan The Eagle didapatnya. Begitu banyak ahli beladiri dari puluhan disiplin ilmu lahir di desa ini. Ia memulai laga resmi MMA perdananya pada tahun 2008.

POtret Khabib Nurmagomedov (Instagram @khabib_nurmagomedov)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here