Elsa Maris bersama Ketua NPC Sumsel (viva.co.id)

Kitogalo.com, Palembang – Dalam ajang Asian Para Games 2018, atlet Sumatera Selatan ikut menyumbang medali untuk kontingen Indonesia. Tak tanggung-tanggung, atlet-atlet dari Bumi Sriwijaya berhasil mengumpulkan dua medali emas untuk Indonesia yang hingga saat ini tercatat mengumpulkan delapan medali emas.

Setelah Rica Octavia yang merebut meraih emas di nomor lompat jauh cabang olahraga Atletik pada Senin, 8 Oktober 2018 lalu, giliran Elsa Maris yang berjaya. Elsa menyumbang medali emas dari cabang olahraga Bowling pada hari Selasa, 9 Oktober 2018.

Koordinator Kepala Pelatih National Paralympic Commitee (NPC) Sumsel, Irawan mengungkapkan pencapaian pebowling asal Palembang yang membuat lagu Indonesia Raya menggema di Venue Bowling Jakarta itu tentu saja membuat masyarakat Sumsel merasa bangga. “Kami sangat mengapresiasi pencapaian dari 12 atlet yang diturunkan,” ungkap Irawan.

Selain Rica dan Elsa, kebanggaan Sumsel juga ditorehkan oleh Jendy Pengabean. Dia berhasil menyumbang medali perunggu dari cabang olahraga Renang. Rahmad Hidayat juga berhasil naik podium dengan memecahkan medali pertama di level Asia berupa medali perunggu di cabang olahraga Tenis Meja.

Tak lupa, Irawan juga mengapresiasi perjuangan Jendy Pangabean dan Rahmad Hidayat yang berjuang keras dan berhasil mempersembahkan medali perunggu untuk Sumsel dan Indonesia.

“Sesuai yang ditargetkan Ketua NPC Sumsel bahwa target kita 5 emas. Kita terus memberi semangat dan berharap 12 atlet Sumsel bisa terus fokus memberikan yang terbaik untuk daerah dan juga Indonesia,” harapnya.

Kebanggaan atas kemenangan para atlet Sumsel ini juga dituturkan oleh Ketua NPC Palembang, Salim. “Dari 12 atlet Sumsel, lima di antaranya adalah atlet Palembang yang sama-sama turun di Asian Para Games. Dua atlet tunadaksa atas nama Maksum Firdaus dan Yuni dari cabang olahraga Catur juga Dua atlet tunanetra atas nama Hendi Irawan dan Adji Hartono dari cabang olahraga Catur dan satu atlet Bowling atas nama Elsa Maris,” kata dia.

Menurut Salim, lompatan target lima atlet Palembang menjadi hal yang mengagetkan. Karena di awal, hanya ditargetkan perak dan perunggu. Namun, ternyata mereka bisa mempersembahkan medali emas. Diharapkan empat atlet lain dari Palembang juga bisa memberikan penampilan terbaik.

Supaya pencapaian prestasi ini tak hanya berhenti sampai di Asian Para Games, Salim akan segera melaksanakan audiensi dengan Wali Kota Palembang. “Kita harapkan audiensi kali ini sekaligus mengetuk hati wali kota agar mau memberi apresiasi atau reward bagi atlet yang berhasil mempersembahkan medali di Asian Para Games,” ujarnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here