Suasana salah satu Trainset dari stasiun Bumi Sriwijaya Menuju OPI (Kitogalo.com)

Kitogalo.com, Palembang – Kereta Api Ringan (Light Rail Transit/LRT) Palembang baru saja dioperasikan dengan membawa penumpang dalam jumlah terbatas. Debut LRT ini disambut baik oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan ramainya masyarakat yang ingin mencoba menggunakan jasa transportasi pendukung Asian Games 2018 ini.

Pengoperasian LRT dari tanggal 24-31 Juli 2018 ini memiliki jadwal tersendiri. Pasalnya, mulai 1 Agustus 2018 mendatang kereta yang akrab disebut dengan “Sepur di pucuk ini” akan dioperasikan secara penuh, dan memiliki jadwal setiap jam sekali.

Penumpang tampak bersemangat dan senang menaiki ular besi yang satu ini. Seperti yang disampaikan oleh Hardi Saputra yang mengaku senang bisa mencoba LRT untuk pertama kalinya. “Akhinyo nyubo jugo naik LRT Palembang,” kata dia dengan semangatnya.

Pria yang akrab disapa Kak Bubut ini menyampaikan pengalaman pertamanya naik LRT Palembang. Masyarakat memang benar-benar antusias untuk menggunakan moda transportasi baru di Kota Pempek ini. Ia menyampaikan bahwa walapun sudah jadwal terakhir keberangkatan penumpang masih banyak yang ingin mencoba euforia naik kereta api ringan ini. “Walaupun jadwal keberangkatan tinggal yang terakhir dan hari sudah sore, masih banyak penumpang yang ingin menaiki LRT,” ujar Kak Bubut kepada kitogalo.com Kamis, 26 Juli 2018.

Benar-benar menikmati fasilitas yang ada di trainset, pria berjanggut tipis ini mengakui LRT Palembang memiliki fasilitas yang sangat memadai. “Wah, keren sekali kalau fasilitasnya, tempat duduknya juga nyaman, ruang tunggunya juga walaupun kursinya kurang banyak tapi itu sudah representatif,” kata dia.

Lain lagi kata Rahmat Hidayat, warga Kertapati yang bekerja di sekitar kawasan Kampus POM Palembang. Dia mengomentari fasilitas lainnya. Mushola dan toilet bagus. Bahkan ada tempat ibu menyusui dan akses untuk orang-orang yang perlu kursi roda,”kata dia.

Sedangkan untuk penggunaan e-money belum terlalu maksimal, masih ada beberapa yang menggunakan tiket manual. Kabarnya 1 Agustus mendatang, selain beroperasi terbuka untuk umum dan tidak membatasi jumlah penumpang lagi pada hari itu juga pemberlakuan e-money sudah akan diterapkan secara maksimal.

Untuk masyarakat Palembang dan sekitarnya yang ingin mencoba naik LRT sampai 31 Juli mendatang berikut jadwal yang sudah tersedia.

Jadwal LRT Stasiun Bumi Sriwijaya (Kitogalo.com)

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here