Tampak Depan Museum SMB II (Kitogalo.com)

Kitogalo.com, Palembang – Museum Sultan Mahmud Baddaruddin II (SMB II) enam minggu terakhir tidak dapat dikunjungi karena mengalami renovasi. Setelah perbaikan dilaksanakan, kini Museum yang terletak di depan Dermaga Convention Center Palembang ini sudah hampir rampung.

Tak lain dan tak bukan salah satu tujuan pembenahan tersebut dilakukan untuk menyambut pelaksanaan Asian Games agustus mendatang. Akhirnya, pengelola museum telah membuka kembali untuk masyarakat yang ingin berkunjung pada Kamis, 26 Juli 2018.

Selain perbaikan kondisi fisik museum, pengelola museum SMB II Palembang, Abdul Gani mengatakan beberapa koleksi barang bersejarah juga akan ditambah serta akan disediakan spot foto dengan menggunakan baju khas Palembang bagi pengunjung. “Perbaikan museum kini telah hampir rampung yang tersisa hanya memasukan koleksi barang bersejarah kedalam museum dan menambah dengan koleksi barang bersejarah yang baru,” kata dia.

Gani juga menambahkan bahwa beberapa tempat yang tadinya sempat ditutup untuk umum kini sudah dibuka kembali sehingga pengunjung bisa melihat-lihat koleksi yang lebih banyak lagi. Selain itu, beberapa bagian masih ada yang harus diperbaiki dan akan dikebut hingga akhir Juli. “Sedangkan untuk ruang museum di lantai bawah masih menyisakan sedikit perbaikan ruangan dan diperkirakan akan rampung di akhir bulan Juli,” katanya.

Adapun koleksi benda bersejarah yang dipajang oleh Museum SMB II sebanyak 315 koleksi. Untuk membuat pengunjung lebih nyaman saat mengelilingi museum, tangga akses dari atas ke bawah akan dibuka oleh petugas dan pintu museum akan rutin dibuka setiap hari guna menetralkan siklus udara yang keluar masuk di museum sehingga pengunjung tak merasa pengap saat berada di dalamnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here