Tampak depan TIC bandara SUltan mahmud badaruddin II (kitogalo.com/ Heti rahmawati)

Kitogalo.com, Palembang – Saat mengunjungi suatu tempat yang baru, biasanya seorang wisatawan harus memiliki pedoman berupa informasi mengenai tempat tersebut. Biasanya informasi bisa berubah kapan saja dan tak jarang perubahan tersebut terlambat diperbaharui di dunia maya. Oleh sebab itu, Tourist Information Center (TIC) sangatlah dibutuhkan di setiap kota. TIC biasa tersedia di tempat-tempat keramaian seperti bandara, stasiun, pusat perbelanjaan,dan sebagainya. Kini di kota kita tercinta Palembang, TIC telah tersedia di beberapa tempat, salah satunya yaitu di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Rabu (8/8/2018), TIC Bandara SMB II langsung diresmikan oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dan juga Gubernur Sumsel, Alex Noerdin serta pejabat terkait lainnya. Menpar RI, Arif mengatakan guna memberi kemudahan bagi turis yang berkunjung ke Palembang, TIC ini dibuka atas kerjasama Kementrian Pariwisata dengan PT Angakasa Pura II.

Ditambah lagi dengan adanya Asian Games, tentunya fasilitas ini akan sangat dibutuhkan oleh para warga asing yang datang ke Palembang. “Kami telah bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II untuk membuka pusat layanan informasi bagi turis yang berkunjung ke Sumsel. Apalagi Palembang ini menjadi tuan rumah Asian Games jadi perlu adanya TIC,” ujar dia.

Di TIC turis bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan mulai dari seputar tujuan wisata, kuliner, hotel dan sebagainya. Hal ini tentu bisa dijadikan kompas awal untuk masuk menjelajahi kota tertua di Indonesia ini.

Arif juga menjelaskan bahwa konsep yang diusung pada TIC merupakan konsep muthakhir dan mengikuti perkembangan kecanggihan teknologi. “Konsep yang digunakan digital dan modern. Ada petugas juga yang bisa menjelaskan mengenai segala informasi yang dibutuhkan oleh turis, mengenai destinasi dan keistimewaan tempat wisata di Sumsel,” jelasnya.

Selain TIC, di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II turis juga bisa mendapatkan fasilitas lainnya seperti Sky Bridge yang mengintegrasikan bandara dengan stasiun LRT, food court di sepanjang Sky Bridge, Live Music khas Palembang dan juga display songket yang ditata dengan cantik.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here