Ilustrasi CPNS 2018 (kisaran.online)

Kitogalo.com, Palembang – Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal segera dibuka oleh Pemerintah Kota Palembang. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) sudah menyetujui jumlah kuota yang akan diterima. Dari 3.000 yang diajukan oleh pemkot, angka 803 dijadikan angka yang akan memenuhi kuota CPNS Kota Palembang.

Angka penerimaan ini disesuaikan dengan kebutuhan dari jumlah PNS yang pensiun, meninggal dunia dan alih tugas. Adapun formasi yang dibutuhkan pada tahun ini, pertama guru, kedua tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya.

Rencana pembukaan CPNS tahun ini akan dilaksanakan pada akhir Agustus 2018, hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa. “Jadwal resmi seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan akhir bulan Agustus ini,” kata Dewa, Selasa, 7 Agustus 2018.

Lantaran kebutuhan PNS yang kini disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah cukup mendesak serta belum ada perubahan formasi CPNS oleh KemenPAN-RB, tahapan seleksi sudah bisa dimulai. “Dari pengajuan 3.000-an, hanya 803 yang disetujui KemenPAN-RB. Karena tidak ada perubahan lagi, maka proses seleksi kita mulai,” ujarnya.

Dalam penyeleksian CPNS tahun ini, pihaknya hanya bertugas pada penyeleksian berkas pendaftaran. Sedangkan untuk seleksi lanjutan, metode Computer Assisted Test (CAT) dimaksimalkan penggunaannya. “Mulai dari tes hingga penilaian nanti BKN yang bertugas, kita hanya sebatas berkas,” katanya.

Beberapa hal juga diperhatikan dalam tahap tes tertulis, yakni dilarang membawa beberapa barang elektronik, seperti ponsel dan perangkat lainnya. “Kami tidak bisa masuk, penggunaan HP termasuk handset di dalam ruangan juga dilarang,” katanya.

Seluruh proses seleksi CPNS 2018 ini dilakukan melalui satu link yaitu link sscn.bkn.go.id.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here