Kemenpar RI didampingi GUbernur Sumsel dan Pjs Walikota Palembang mencicipi pempek di BKB (kitogalo.com/Heti Rahmawati)

Kitogalo.com, Palembang – Penyajian pempek terbanyak yang menyabet rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) berhasil digelar di halaman Benteng Kuto Besak (BKB) Kota Palembang pada Rabu, 8 Agustus 2018. Tak tanggung-tanggung, pempek yang disajikan berjumlah 18.818 buah yang semuanya terbuat dari ikan dan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Jumlah ini sesuai dengan jadwal dilaksanakannya Asian Games 2018.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, mengatakan bahwa pempek sudah menjadi trending topic nasional. Dia berharap “Pemecahan Rekor Penyajian Pempek Terbanyak” tersebut juga jadi trending topik dunia.

Arief juga berharap pempek bisa menjadi salah satu kudapan yang populer di Indonesia dan sampai ke kancah internasional. “Paket pempek 7 ton per hari keluar Palembang itu adalah luar biasa. Saat ini Top 5 kuliner Indonesia yang mendunia adalah rendang, soto, nasi goreng, gado-gado, dan tempe. Semoga pempek bisa jadi nomer 6 kuliner Indonesia yang mendunia,” ujarnya usai mengikuti acara di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, 8 Agustus 2018 .

Tak hanya kuliner yang berupa pempek, Arief mengatakan jika Palembang memiliki potensi lainnya yang dapat mendunia yakni songket. Dia berharap pempek dan songket berpotensi mendorong Palembang makin dikenal dunia dan mampu mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang dan berkunjung ke tanah Swarna Dwipa ini.

Di tempat yang sama, Pj Wali Kota Palembang Akhmad Najib mengatakan acara tersebut juga bertujuan memotivasi pengusaha pempek untuk mendorong penyediaan pangan yang berkualitas dan menyediakan pempek ber-SNI.

“Pemerintah Kota Palembang berharap Rekor Muri ini membuat orang-orang makin tertarik untuk berkunjung ke Kota Palembang. Melalui kegiatan ini kita harapkan pelaku ekonomi khususnya pempek mampu meningkatkan kualitas khususnya pempek,” kata dia.

Lantaran Pemecahan Rekor Muri ini juga identik dengan pelaksanaan Asian Games, Najib ingin sekali penyelenggaraan Asian Games yang akan dilangsungkan di Palembang pada 18 Agustus mendatang dapat berlangsung sukses dan lancar.

Meramaikan acara pemecahan Rekor Muri ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyaksikan sekaligus mencoba pembuatan pempek. Tak hanya itu, beberapa permainan tradisional juga disimulasikan seperti Ular Naga, Bakiak, Enggarang, dan Layang-layang.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here