Ilustrasi penutupan jawalan di kawasan JSC (sripoku.com)

Kitogalo.com, Palembang – Pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September mendatang jalan lingkungan Jakabaring Sport City (JSC) ditutup mulai dari pukul 05:00 – 10:00 WIB. Oleh karena itu, masyarakat yang ingin melintasi Jembatan Ampera harus mencari jalan alternatif.

Ditutupnya jalanan selama lima jam ini dikarenakan salah satu cabang olahraga Asian Games 2018 tengah dilangsungkan. Cabor tersebut ialah triathlon, cabor yang mengkombinasikan olahraga lari renang dan bersepeda.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel, Yusuf Wibowo mengatakan dengan adanya pertandingan Triathlon, Asian Games 2018 yang dalam pelaksanaannya menggunakan sebagian jalan dilingkungan Jakabaring Sport City (JSC) hingga simpang Pasar Induk Jakabaring, maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas selama tiga hari.

“Selama tiga hari akan dilakukan rekayasa lalu lintas untuk strelisasi rute pertandingan. Jadi bagi kendaraan yang hendak melintas di jalan yang menjadi rute pertandingan itu mencari alternatif jalan sementara,” ujarnya, Rabu (29/8/2018).

Pria yang juga merupakan panitia daerah cabor triathlon ini menuturkan bahwa penutupan tersebut tidaklah permanen. Setelah pertandingan usai sekitar pukul 10.00 maka arus lalu lintas bakal dikembali seperti semula. “Rekayasa lalinnya hanya sampai pukul 10.00, setelah itu jalan kita buka kembali,” tegasnya.

Kadishub Sumsel, Nelson Firdaus menambahkan, warga Jakabaring yang hendak melintas ataupun sebaliknya dapat mengambil jalur alternatif melalui jalan di samping Dekranasda yang nantinya tembus ke Simpang Pasar Induk. Selain itu, pengendara juga bisa mengambil jalan pintas melalui Musi II bagi yang mau melintas.

“Untuk warga masih bisa lewat tapi dari jalan di Dekranasda, kalau ada yang mau lewat Musi II juga silahkan. Karena jalan selama tiga hari bakal benar-benar steril,” jelasnya.

Tak hanya di jalan raya, rekayasa lalu lintas juga bakal diberlakukan di dalam komplek JSC. Didalam JSC, kendaraan yang lalu lalang juga akan dialihkan guna memberikan kelancaran untuk perlombaan yang satu ini.P ada saat pertandingan, jalan yang dipergunakan panpel, pengunjung dan security untuk masuk ke lingkungan JSC adalah Gate 2 (VAHO)/Gate IV.

“Di dalam kawasan JSC juga sama dilakukan rekayasa lalin untuk areal yang dilintasi atlet, shutle bus dan golf car akan dialihkan. Setelah pertandingan usai semua rute dan pelayanan transportasi akan kembali seperti biasa,” ungkapnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here