Logo Asian Para Games 2018. (Sumber Foto: asianparagames2018.id)

Kitogalo.com – Asian Para Games merupakan event olahraga terbesar di Asia bagi para atlet disabilitas. Digelar untuk ketiga kalinya, Asian Para Games diselenggarakan di Jakarta, Indonesia pada tanggal 6-13 Oktober 2018. Terdapat 18 olahraga yang dipertandingkan dalam event ini dan diikuti oleh 43 negara yang merupakan anggota dari Asian Paralympic Committee.

Tak hanya diselenggarakan di Jakarta, Asian Para Games 2018 juga digelar di Jawa Barat. Untuk venue yang dipakai pada acara ini yaitu Gelora Bung Karno Sport Complex, Cempaka Putih Sports Hall, Jakarta International Expo, Jakarta International Velodrome, POPKI Sports Hall, Ecovention Ancol, Jaya Ancol Bowling Center, Klub Kelapa Gading, Tanjung Priok Sports Hall, Balai Kartini, Balai Sudirman dan Sentul International Circuit.

Untuk menyaksikan pertandingan Asian Para Games 2018 di berbagai venue di Jakarta dan Jawa Barat, ada beberapa macam tiket yang dapat dibeli dengan cara berbeda. Berikut kitogalo.com rangkum macam-macam tiket dan cara pembeliannya dari instagram resmi Asian Para Games 2018:

  1. Tiket Festival
    Merupakan tiket masuk ke area Gelora Bung Karno.  Tiket ini hanya dapat digunakan untuk menonton festival musik maupun acara dan juga menikmati kuliner disekitar Gelora Bung Karno. Namun tiket ini tidak dapat digunakan untuk menonton pertandingan.
    Cara Pembelian: Tiket festival dapat dibeli melalui mobile sales yang tersebar di area luar Gelora Bung Karno (Gate 5 dan 7) atau melalui website Bukalapak.
  2. Tiket Opening/Closing Ceremony
    Merupakan tiket masuk ke acara pembukaan atau penutupan yang diadakan sebagai rangkaian acara Asian Para Games 2018.
    Cara Pembelian: Dapat dibeli melalui online pada website resmi Asian Para Games 2018 atau melalui ticket box pada hari H yang tersebar di area luar Gelora Bung Karno .(Gate 5 dan 7).
    Daftar Harga:
    – Standing: Rp. 400.000
    – Class 1 East: Rp. 500.000
    – Class 2 East: Rp. 250.000
    – Class 2 West: Rp. 250.000
  3. Tiket Cabang Olahraga (GBK)
    Merupakan tiket masuk ke salah satu cabang olahraga di dalam area Gelora Bung Karno.
    Cara Pembelian: Dapat dibeli melalui online pada website resmi Asian Para Games 2018 atau melalui ticket box pada hari H yang tersebar di area luar Gelora Bung Karno (Gate 5 dan 7).
    Daftar Harga: Rp 25.000 untuk semua cabang olahraga yang dipertandingkan di GBK
  4. Tiket Cabang Olahraga (Luar GBK)
    Merupakan tiket masuk ke area pertandingan cabang olahraga Paracycling yang terletak di Jakarta International Velodrome, Rawamangun sesuai jadwal pertandingan.
    Cara Pembelian: Dapat dibeli melalui online pada website resmi Asian Para Games 2018 atau melalui ticket box pada hari H yang tersebar di pintu masuk Velodrome.
    Daftar Harga: Rp 25.000 untuk semua cabang olahraga yang dipertandingkan di Velodrome.
  5. Tiket Terusan (One Day Pass)
    Merupakan tiket masuk ke seluruh pertandingan (8 cabang olahraga) di dalam lingkup GBK sesuai jadwal pertandingan pada satu hari.
    Cara Pembelian: Dapat dibeli melalui online pada website resmi Asian Para Games 2018 atau melalui ticket box pada hari H yang tersebar di area luar Gelora Bung Karno (Gate 5 dan 7).
    Daftar Harga: Rp 100.000 untuk semua cabang olahraga yang dipertandingkan di GBK.
  6. Tiket Gratis
    Merupakan tiket gratis untuk menonton salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan ataupun seluruh cabang olahraga yang digratiskan.
    Cara Pembelian: Penonton akan diminta mengisi form data diri (nama, nomor telepon dan email) di ticketbox masing-masing venue cabang olahraga tidak berbayar. Setelah itu form yang telah dilengkapi kemudian dikembalikan ke ticket box untuk ditukarkan menjadi gelang tiket untuk memasuki area pertandingan.
    Cabang Olahraga Tidak Berbayar:
    – Shooting Para Sport (Senayan Shooting Range)
    – Boccia (Tanjung priok Sports Hall)
    – Chess (Cempaka Putih Sports Hall)
    – Paracycling Road Race (Sentul Circuit Cibinong)
    – Goalball (Balai Kartini)
    – Judo (JIExpo Grand Ballroom)
    – Para Powerlifting (Balai Sudirman)
    – Tenpin Bowling (Jaya Ancol Bowling Center)
    – Table Tennis (Ancol ECOvention)
    – Wheelchair Fencing (POPKI Cibubur)
    – Wheelchair Tennis (Klub Kelapa Gading)

Untuk mengetahui berita terbaru mengenai Asian Para Games 2018, kita juga dapat mengunduh aplikasi resmi dengan nama “Asian Para Games 2018 Official” di perangkat android maupun apple. Selamat menyaksikan event olahraga terbesar untuk disabilitas di Asia!

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here