Ilustrasi Selebgram (Money.id)

Kitogalo.com – Instagram bukan hanya sekedar media sosial bagi anak muda zaman millenial. Aplikasi yang hits ini bisa menjadi salah satu sumber pundi-pundi dengan cara menaikkan popularitas. Tapi untuk menjadi terkenal di Instagram, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Hal ini dikarenakan jumlah followers dan likers pada foto atau video yang diunggah menjadi dua tolak ukur untuk menyebut seseorang terkenal di Instagram.

Nah, kalau kamu juga ingin terkenal di Instagram atau yang akrab disebut “selebgram”, ada beberapa cara sederhana untuk mewujudkan hal tersebut.

Berikut 4 tips yang dikutip dari Wiki How untuk menjadi terkenal di Instagram:
1. Akun yang mudah dikenali
Tahap pertama untuk membuat akun adalah memilih nama akun yang menarik dan mudah dikenali. Akan lebih menarik jika kamu pilih nama akun yang akan menggambarkan konten Instagram kamu. Pasang foto profil yang memperlihatkan wajah menawan kamu.
Kemudian, pilih tema Instagram yang berhubungan dengan hobi atau hal lainnya yang bisa menarik perhatian para likers. Contoh jika kamu pecinta kuliner, coba fokus pada foto-foto yang berhubungan dengan makanan. Jika pecinta fashion, fokus pada warna, gaya, dan tren. Dengan demikian, akun Instagram kalian akan tampak menarik dan mudah dikenali.

2. Isi akun dengan foto dan video yang kreatif
Saat ini ada banyak aplikasi pengeditan foto yang populer seperti VSCO Cam, Prisma, Aviary, dan Snapseed. Aplikasi tersebut bisa memberikan kesan foto yang menarik, karena filter yang digunakan. Kuncinya jangan takut bereksperimen dengan foto. Cobalah angle, warna, dan kombinasi baru. Eits! Jangan terlalu banyak juga ya menggunakan filter pada satu foto, karena kadang hasilnya justru membuat foto tampak aneh. Cara lain untuk mendapatkan foto menarik adalah dengan mendokumentasikan perjalanan kalian ke tempat-tempat baru. Hal ini biasanya bisa menarik perhatian. Lalu gunakan caption dengan kalimat menarik dan informatif. Atau kamu juga bisa membagikan konten yang menarik melalui fitur Stories, yang ada di bagian atas feed pengguna. Foto dan video yang ada di Stories akan hilang dalam waktu 24 jam, jadi kamu bisa mengunggah apa pun tanpa membanjiri feed followers.

3. Kembangkan komunitas
Salah satu cara agar mendapat followers dan like yakni dengan menggunakan tagar. Banyak pengguna Instagram mencari foto atau video menggunakan tagar. Misalnya untuk foto ilutrasi, ada pengguna yang menggunakan tagar #illustrators, #artistsofinstagram, #penandink dan #womanartists. Jika beruntung, kalian bisa mendapatkan follower baru dari pencarian tagar tersebut. Berikan komentar dan like pada foto atau video pada akun yang memiliki konten menarik pula setiap hari. Sangat sulit menjadi populer di Instagram tanpa berinteraksi dengan pengguna lain Tips lainnya, coba hubungkan akun Instagram dengan Facebook. Ikuti teman-teman Facebook yang ada di Instagram dan kamu akan memiliki peluang besar untuk di-follow juga. Mengajak followers untuk tag teman-teman mereka pada foto yang kalian unggah. Cara ini kerap digunakan oleh pemilik akun terkenal di Instagram. Misalnya jika kalian mengunggah foto lucu, beri caption seperti “Tag tiga teman kalian yang berpikir kalau foto ini lucu”.

4. Berinteraksi dengan followers
Followers “mengikuti” kamu karena ingin melihat konten. Karena itu, konsistenlah dengan konten yang kamu unggah, tapi jangan berlebihan. Cara lain untuk berinteraksi adalah berkomunikasi dengan followers. Ketika mengunggah foto misalnya, tambahkan caption berisi pertanyaan untuk followers. Semakin banyak orang menjawab pertanyaan, maka unggahan kalian akan semakin populer. Kamu juga jangan sungkan untuk merespon langsung komentar follower menggunakan nama akun mereka. Hal ini menunjukkan keramahan. Cara lain berinteraksi yaitu dengan menggelar kontes atau giveaway. Misalnya unggah sebuah foto, kemudian ajak followers untuk memberikan like. Ketika kontes berakhir, pilih pemenang secara acak dari orang-orang yang memberikan like pada foto tersebut. Lacak pertumbuhan popularitas di Instagram dengan layanan statistik seperti Iconosquare. Melalui layanan tersebut, kalian bisa mengetahui konten yang menyebabkan penurunan dan pertumbuhan follower.

Nah, sudah pada tau kan tips untuk jadi selebram, yok coba siapa tahu kamu berhasil!

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here