Ilustrasi medali emas (bola.com)

Kitogalo.com, Palembang – Pemerintah Indonesia sudah menentukan target untuk menghadapi Asian Games 2018. Sebanyak 16 medali emas yang ditetapkan sebagai target kali ini. Sampai artikel ini ditulis (Senin, 27/08/2018) kini total medali emas Indonesa telah mencapai 18 medali. Tentunya pencapaian ini adalah prestasi terbaik indonesia di Asian Games.

Hal ini tentu memberikan jawaban akan keoptimisan Presiden RI saat Indonesia masih menduduki posisi ke-5 dengan total emas sebanyak 14 medali. “Menurut saya target 16 emas yang sudah kita tentukan Insya Allah terlampau, optimis lho” kata Jokowi kepada awak media, (Minggu, 26/08/2018).

Asian Games 2018 sudah memasuki hari kesembilan. Meski posisi Indonesia naik turun, tim nasional kembali menambah satu emas dari cabang olahraga Pencak Silat final nomor 60-65 kg di Asian Games ke-18 ini.

Atlet yang menambah medali emas kali ini ialah Iqbal Candra Pratama. Tak mudah, kemenangan ini ia dapatkan setelah mengalahkan atlet Vietnam Ngoc Toan Nguyen dengan poin 4-1. Dengan 18 medali emas, tentunya pencapaian ini adalah prestasi terbaik Indonesia di Asian Games.

Berkat penambahan emas ini, Indonesia berada di posisi keempat unggul dari Iran yang berada di urutan ke lima. Indonesia meraih 18 medali emas, 14 medali perak, dan 25 perunggu. Ini berarti kontingen Indonesia telah memenuhi target yang ditetapkan oleh pemerintah yakni sebanyak 16-20 medali emas untuk berada diperingkat 10 besar.

Kemungkinan bertambahnya medali emas masih terbuka dan peluangnya sangat besar lantaran sejumlah atlet Indonesia masih akan bertanding di beberapa partai final.

Sebelumnya, salah satu penyumbang medali emas datang dari cabang olahraga Pencak Silat kategori tarung putra kelas I 85-90 kg pada Senin, 27 Agustus 2018. Di kategori ini Indonesia diwakili oleh pesilat Aji Bangkit Pamungkas.

Dalam pertarungannya, Aji Bangkit harus berhadapan dengan pesilat putra asal Singapura, Sheik Allaudin. Diunggulkan, pesilat kelahiran 20 Mei 1999 ini memang sangat mendominasi dari awal pertandingan. Beberapa kali teknik yang dilancarkan Aji Bangkit mampu memukul jatuh sang lawan.

Dari kelima juri, masing-masing memberikan poin penuh untuk Aji Bangkit. Aji Bangkit menang telak dengan skor 5-0 (14-8, 13-9, 17-8, 11-8, 20-10). Dengan tambahan satu medali ini, sekarang Indonesia memiliki perolehan 16 medali emas di Asian Games 2018.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here