Bus Air Palembang (klikampera)

Kitogalo.com, Palembang – Pemerintah Kota Palembang menyiapkan lima bus air guna mempermudah para wisatawan menikmati wisata Sungai Musi. Bus air ini merupakan bantuan dari Kementrian Perhubungan RI.

Dengan adanya fasilitas ini, para pelancong asing serta wisatawan lokal bisa menikmati beberapa wisata di Kota Palembang seperti, Pulau Kemaro, Kampung Al Munawar dan Kampung Kapitan di kawasan Seberang Ulu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, pihaknya dibantu dari Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) dan Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) menyediakan lima bus air untuk para pelancong yang ingin berkeliling Sungai Musi. Namun, permintaan untuk mendapat fasilitas ini harus ada koordinasi terlebih dahulu antara pemandu dan pihak Dinas Perhubungan.

“Tapi ini sistemnya by request, misalnya ada wisatawan asing atau lokal yang ingin menikmati wisata sungai, LOnya harus melakukan koordinasi dengan Dishub dulu. Bus air ini juga bisa mengangkut hingga 20 penumpang,” ungkap Isnaini, dilansir dari Sripoku.com Senin (27/8/2018).

Isnaini menuturkan bahwa bus air ini sudah dilengkapi dengan fasilitas keselamatan seperti jaket pelampung (life jacket). Jadi, penumpang terjamin keselamatannya saat ingin menikmati perjalanan ke Sungai Musi.

Kenyamanan dan keselamatan merupakan hal yang diutamakan dalam penggunaan bus air ini. Oleh karena itu, pemberangkatan bus harus sesusai permintaan dan tidak boleh sembarangan.

“Kita tidak bisa memberangkatkan bus air ini sembarangan kalau tidak ada penumpang. Jadi ini sistemnya by request. Kapasitasnya 20 orang sesuai dengan life jacket yang disediakan karena harus mengutamakan safety agar penumpang nyaman,” jelasnya.

Tujuan akhir kegiatan ini, kata Isnaini, untuk membuat kesan yang baik pada wisatawan sehingga mereka bisa menjadi repeat visitors atau berkunjung kembali ke Palembang saat Asian Games selesai.

“Setelah selesai Asian Games kita harapkan turis asing maupun lokal lebih tertarik mengunjungi Palembang sebagai turis tidak hanya dalam rangka bertanding, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Palembang,” kata Isnaini.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here