Salah satu atlet pencak silat Indonesia, Puspa Arumsari (liputan6.com)

Kitogalo.com, Palembang – Setiap harinya, koleksi medali Indonesia terus bertambah. Indonesia kembali mengkudeta Iran di klasemen sementara perolehan medali di gelaran Asian Games 2018, Jakarta-Palembang, Senin (27/8/2018).

Melalui cabang olahraga pencak silat, Indonesia berhasil memborong banyak medali di ajang Asian Games 2018 ini. Salah satunya, emas ke-16 untuk Indonesia ini diperoleh Aji Bangkit Pamungkas dan juga emas ke-18 dicabor yang sama oleh Iqbal Candra Pratama.

Dengan perolehan medali emas ini, Indonesia-Iran saling susul untuk menduduki posisi ke-4. Pasalnya, Iran yang pada Senin (27/8/2019) pagi berada di peringkat empat dengan perolehan 14 medali emas, sempat tersalib Indonesia yang pada pukul 12.30 WIB meraih 15 medali emas. Iran yang sejak pagi mendulang 14 emas, hingga pukul 13.30 WIB belum juga menambah medali emas.

Sedangkan Indonesia yang Senin ini start dengan 12 emas,langsung melejit dengan tambahan tiga medali emas dari cabang olahraga Asian Games 2018 yakni pencak silat.

Hingga saat ini, Indonesia berhasil mengumpulkan 55 medali. Rinciannya 16 medali emas, 14 perak dan 25 perunggu.

Tiga cabang olahraga yang berhasil memberikan medali paling banyak ialah pencak silat, dayung dan yang terakhir adalah wushu. Cabor pencak silat berhasil menyabet 5 medali yang terdiri atas 4 emas dan 1 perunggu. Kemudian dari dayung juga mendapat total 5 medali, rinciannya 1 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Selanjutnya datang dari wushu dengan 5 medali dengan rincian 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here