Lorenzo, turis dari Italia yang memuji Kampung Hias Cempaka Dalam (kitogalo.com)

Palembang, Kitogalo.com – Kerja sama dan kerja keras warga Kampung Cempaka Dalam, Gang Masjid, RT 18 Kel.26 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Palembang, selama sebulan ini terbayar sudah. Mereka didaulat sebagai pemenang Lomba Kampung Hias Asian Games 2018 yang digelar Youth Care Asian Games (YCAG). Acara ini berlangsung sejak tanggal 3 Mei hingga 7 Juni lalu yang diikuti 72 kampung dari 18 kecamatan se- Palembang. Atas kemenangan tersebut, mereka berhak membawa pulang tiga ekor sapi.

Camat Bukit Kecil Ahmad Furqon, pemenang pertama, merasa senang karena kampung yang berada di wilayahnya bisa memenangkan lomba tersebut. “Awalnya kampung tersebut bisa dikatakan kumuh dan masyarakat kepengen supaya lapangan kumuh tersebut berubah. Warga antusias ditambah ada Lomba Kampung Hias Asian Games,” ujarnya usai menerima hadiah simbolis dari Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Griya Agung, Palembang, Selasa, 12 Juni 2018.

Furqon mengatakan jika Kampung Cempaka menang karena sesuai konsep memenenuhi syarat  yang ditetapkan panitia. Sebab, kampungnya dinilai kreatif, antusias masyarakat yang tinggi, terdapat penghijauan, bersih dan rapi. Dari hasil tangan-tangan kreatif warga, tampak sebuah lapangan disulap menjadi lapangan bulu tangkis dengan gambar logo Asian Games yang cukup instagramable.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang memberikan hadiah kepada para pemenang berpesan jika tujuan utama dari lomba tersebut bukanlah untuk mendapatkan hadiah sapi. “Tapi kebersamaan dan keyakinan kalau kita mau, pasti kita bisa. Bagaimana semangat membangun, dan inisiatif bersama membikin indah kampung sendiri,” kata dia.

Gubernur Sumsel dua periode itu juga tak henti mengingatkan jika promosi yang dilakukan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII selain Jakarta sudah melakukan upaya yang maksimal. Kali ini pun kegiatan digawangi anak-anak muda dari komunitas Youth Care Asian Games (YCAG) yang bergerak sendiri untuk turut berpartisipasi mempromosikan Asian Games di Palembang dan bertekad menjadikannya viral di media sosial. “Sekarang anak-anak muda yang begerak. Dan ini pun bukan sembarang anak muda, tapi anak muda yang berkompeten,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Lomba Kampung Hias Asian Games Kerrick Herlianto mengatakan komunitas YCAG memang menjawab tantangan dari Bapak Presiden Joko Widodo yang pernah menyebut promosi Asian Games Agustus 2018 di Jakarta-Palembang tidak gencar. “Tujuan dengan adanya lomba ini maka sosialisasi kepada masyarakat akan lebih mudah dan partisipasi masyarakat akan lebih terlihat serta masyarakat akan antusias dalam menata dan membangun kampungnya sendiri,” kata dia.

“Kami juga akan melanjutkan kegiatan ini dengan berusaha memviralkan foto-foto kampung hias Asian Games di media sosial agar dikenal nasional dan internasional,” ujarnya menambahkan.

Youth Care Asian Games (YCAG)  adalah komunitas yang terdiri dari kumpulan pemuda di Palembang peduli Asian Games XVIII dengan tujuan menyukseskan. mempromosikan serta mensosialisasikan Asian Games kepada seluruh masyarakat untuk menunjukkan rasa cinta dan bangga karena terpilihnya Kota Palembang sebagai tuan rumah dalam event besar dan bergengsi ini.

Perlombaan Kampung Hias Asian Games 2018 dimulai sejak tanggal 4 Mei 2018 ditandai dengan launching dan pengecatan pertama oleh Bapak Gubernur H. Alex Noerdin dan Bapak Walikota H. Akhmad Najib di Lorong Sirah, Kampung Kelurahan Plaju Ilir, Kecamatan Plaju, Palembang. Perlombaan ditutup sebelum penilaian yaitu tanggal 7 Juni 2018.

Kegiatan ini diikuti oleh 18 kecamatan yang ada di kota Palembang yang terdiri dari empat kampung dalam satu kecamatan. Mengapa kampung yang diikut sertakan dalam lomba ini hanya 4 kampung dalam 1 kecamatan karena dengan jumlah minimal 4 kampung dalam 18 kecamatan sama dengan 72 kampung yang ikut serta sudah bisa dianggap mempresentasikan 70% minimal keterlibatan masyarakat se-Kota Palembang sehingga memudahkan dalam proses hal control dan penilaiannya.

Menariknya, pemenang Lomba Kampung Hias Asiang Games ini mendapatkan hadiah sapi. Juara pertama 3 ekor sapi, juara kedua 2 ekor sapi, juara ketiga 1 ekor sapi, serta hadiah menarik lainnya untuk pemenang favorit. Mengapa hadiah lomba ini berupa sapi? Karena merupakan hadiah yang unik dan belum ada sebelumnya dengan tema Asian Games seperti ini. Dengan hadiah ini harapannya akan menumbuhkan kebersamaan antar warga kampung. Dengan begitu mereka akan sama-sama menyatukan pemikiran, saling berbagi dalam menyambut hari raya idul fitri serta ikut bersemangat untuk menyukseskan Asian Games 2018 dengan mengikuti perlombaan ini.

Berikut ini pemenang Lomba Kampung Hias Asian Games 2018:

  1. Kampung Cempaka Dalam, Gang Masjid, RT 18 Kel.26 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Palembang. (Juara I berhadiah Tiga Ekor Sapi)
  2. Lrg Mari RT.02. RW.01 Kel. Talang Bubuk, Kec. Plaju, Palembang. (Juara II berhadiah Dua Ekor Sapi)
  3. Jl. Taman Sari RT.02 RW.01 Kel. Srijaya Negara, Kec. Alang-alang Lebar, Palembang. (Juara III berhadiah Satu Ekor Sapi)
  4. Lrg. Dimas Kampung Iklim Wilayah RT.03 RW.01 Kel. Srimulya,Kec.Sematang Borang,Palembang (Juara Harapan I berhadiah Satu Ekor Kambing)
  5. Jl. Talang Gading RT.06&07 RW.02 Kel. Kalidoni, Kec. Kalidoni, Palembang. (Juara Harapan II berhadiah Satu Ekor Kambing)

 

Muna Su’ud

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here