Bus Hidrogen di Luar Negeri. Sumber foto: Twitter

Mobil berbahan bakar hidrogen yang bebas polusi akan segera tiba di Sumatera Selatan. Kabarnya, Sumatera Selatan mendapatkan bantuan sebanyak 10 unit mobil hidrogen ukuran kecil dan beberapa unit bus bertingkat untuk mendukung transportasi Asian Games 2018. Mobil ini beroperasi di kawasan olahraga Jakabaring Palembang khusus untuk mengangkut para peserta Asian Games 2018. Karena, kawasan itu akan dijadikan areal bebas polusi sehingga kendaraan yang beroperasi harus berbahan bakar rendah emisi.

“Jadi dalam pertemuan itu mobil bebas polusi  akan beroperasi di kawasan olahraga Jakabaring Palembang pada perhelatan Asian Games 2018 nanti,” ujar Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim Sumsel, Najib Asmani di Palembang. Bantuan tersebut diberikan oleh IMS Ecubes Arcola dari Inggris dalam rangka mewujudkan pusat olahraga terpadu bebas kendaraan berbahan bakan fosil seperti Bensin dan Solar.

Selain memberikan bantuan kendaraan hidrogen yang ramah lingkungan itu, Ecubes Arcola juga berkomitmen memberikan bantuan pembakit listrik bergerak atau mobil power plant. “Ini berdasarkan pada kesepakatan Paris bahwa 2020 harus mengarah pada kendaraan berbahan bakan non fosil,” katanya.

Diharapkan dengan penggunaan mobil berbahan bakar energi hidrogen tersebut akan menjadi salah satu langkah awal Pemerintah Provinsi Sumsel untuk menciptakan udara yang bersih terutama yang ada di kawasan pertandingan pesta olahraga internasional mendatang. Terlebih Apalagi kawasan olahraga terpadu tersebut akan dihadiri ribuan tamu dari berbagai negara untuk mengikuti pertandingan pesta olahraga terbesar mendatang  sehingga udaranya juga harus bersih.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here