Poster film Anak Negeri Megalith. Sumber foto: detikHOT

Kitogalo.com – Siapa yang tidak mengenal Amir Gumay? Sutradara film kebanggaan Sumatera Selatan yang telah menyutradarai berbagai film ternama kini kembali dengan film terbarunya. Film terbaru Amir Gumay ini bukanlah sekedar film biasa, melainkan film yang mengangkat keindahan salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Selatan yakni tempat kelahirannya, kabupaten Lahat.

Pada film ini, sungai lematang dan bukit sarelo menjadi latar cerita berlangsung. Berada di dataran Pasemah, yakni dataran tinggi bagian selatan Sumatera yang membentang mulai dari Pagar Alam, Lahat dan Empat Lawang ini diyakini sebagai pusat pemukiman masa pra sejarah di Sumatera.

Image result for batu megalitikum lahat
Sebaran situs Megalitikum di Lahat. Sumber foto: Uzone

Mengapa kabupaten Lahat dipilih sebagai latar dari cerita? Ternyata dibalik pesona alam yang indah, kabupaten Lahat juga menyimpan sejarah yang cukup kuat bagi nusantara. Terkenal dengan pesona Megalith, Lahat merupakan objek wisata GeoTourism. Di wilayah Lahat, terhampar jejak peradaban megalitikum yang paling banyak di Indonesia. Situs megalitik di wilayah Lahat berupa pahatan detail dan halus yang mengindikasikan  bahwa masyarakat basemah (pasemah) saat itu sudah mengenal logam. Darisini lah diketahui peninggalan tersebut sudah ada pada masa perundagian atau lebih kurang 2.500 tahun sebelum masehi.

Film Anak Negeri Megalith menceritakan tentang seorang anak yang sudah tidak memiliki ibu dan mau bekerja keras untuk merawat ayahnya yang sakit dan membiayai adiknya hingga dapat menjadi seorang tantara seperti yang dicita-citakan adiknya dari kecil. Kisah ini terinspirasi dari cerita nyata yang berasal dari Lahat. Film ini dibintangi oleh beberapa ator dan aktris ternama seperti Fauzi Baadila, Elma Theana, Pong Harjatmo, Bionetta, Novianti, Hazel, Eajendra, Guntur Triyoga, Diza Refengga, Fuad Idris, Mack Prabu dan Nyimas.

Film Anak Negeri Megalith sudah tayang di bioskop mulai dari tanggal 17 Mei 2018 dan tayang di 70 layar bioskop seluruh Indonesia. Tak sabar ingin menyaksikannya?

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here