Anugerah Kominfo Jurnalis 2018 (rilis.id)

Kitogalo.com, Palembang – Kabar gembira untuk para jurnalis tanah air. Lomba karya juralistik bagi seluruh jurnalis cetak, online, foto, televisi maupun radio kini dibuka oleh
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Lomba ini dibuka untuk peluncuran Anugerah Jurnalistik Kominfo (AJK) 2018.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, karya jurnalis sudah sepatutnya diberi apresiasi.

“Kita perlu menghargai teman jurnalis yang telah menulis, memotret dan meliput Indonesia dari perspektif Kominfo,” ujarnya dalam di kantor Kominfo Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Tak main-main, ajang ini menggelontorkan total hadiah sebesar Rp 175 Juta. Perhelatan ini merupakan hasil kolaborasi Kominfo bersama Badan Akesesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Badan Layanan Umum milik Kominfo.

Kompetisi AJK 2018 berlangsung selama satu bulan, yaitu dari tanggal 17 Oktober 2018 hingga 17 November 2018. Pengumuman pemenang akan diselanggarakan acara puncak pada tanggal 29 November 2018.

“Kami tidak memilih sembarang dewan juri. Kami memilih juri yang prominen,” katanya.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Niken Widiastuti mengatakan,materi yang diajukan yaitu pesan-pesan kunci yang kuat yang mencerminkan kontribusi Kominfo dalam pembangunan, baik berupa teks, audio, audio visual dan foto.

“Lebih menekankan pada outcome program Kominfo, seperti Palapa Ring dan akses internet misalnya. Bagaimana penerimaan masyarakat terhadap program-program yang dilakukan Kominfo,” ucapnya.

Karya jurnalis dari media massa yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers, wajib tayang dari tanggal 1 Januari 2018 hingga 15 November 2018. Karya tersebut dapat dikirimkan melalui email ke lombajurnalistik@kominfo.go.id.

Untuk menampilkan hasil karya jurnalistik para jurnalis tersebut , Kominfo juga akan membuat microsite di situs resmi Kominfo.

Berikut nama-nama juri AJK 2018:

1. Liputan media cetak dan online: Pimpinan Redaksi Investor Daily Primus Dorimulu, Ketua Umum Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan tokoh Humas Nasional Gatot S. Dewa Broto.

2. Foto Jurnalistik : Fotografer Kompas Agus Susanto, Fotograger Tempo Rully Kesuma dan Fotograger LKBN Antara Prasetyo Utomo.

3. Liputan TV dan Radio : Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Niken Widiastuti, Direktur TVRI Helmy Yahya dan Jurnalis Kompas TV Aiman Witjaksono.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here