Sumber: Youtube

Kitogalo.com, Palembang – Asian Games tinggal menghitung hari, masyarakat sangat menunggu kedatangan perhelatan besar ini. Lain masyarakat lain pula delegasi yang akan mengikuti Asian Games. Banyak dari mereka yang sengaja datang terlebih dahulu ke Palembang guna meninjau kesiapan tuan rumah Asian Games 2018 ini.

Dilansir dari gatra.com, pada akhir mei 2018 tujuh orang delegasi dari negara Filipina berkunjung ke Palembang untuk meninjau wisma atlet dan sejumlah venue yang ada di Kawasan Jakabaring Sport City (JSC). Ketua tim NOC Filipina, Roberth Bachmn mengatakan, atlet dan official sangat dimudahkan untuk mencapai venue cabang olahraga dan penginapan karena jaraknya yang berdekatan dan dengan akses yang mudah. “Saya terkesima juga, karena jarak antarvenuenya dekat, lebih mudah menjangkau dan atlet akan lebih siap berlaga,” ujarnya.

Dia juga mengakui bahwa hal ini merupakan nilai plus bagi Palembang karena memiliki venue dan sarana lainnya yang terintegrasi sebagai kota tuan rumah penyelenggaraan Asian Games kedua selain Jakarta. Melihat beberapa venue lomba yang sudah selesai, Roberth mengaku Palembang sudah sangat siap menjadi tuan rumah Asian Games.

“Kami ingin lihat beberapa fasilitas terutama cabang olahraga yang menjadi target perolehan medali. Karena itu, kami dikunjungi lebih awal dan ternyata ada venue sudah siap, namun ada juga yang masih dibangun. Tapi kami nilai, secara umum sudah siap menjadi tuan rumah, Agustus nanti,” kata dia.

Menurut Robert, beberapa cabor seperti boling, menembak, tenis, panjat tebing, dan triatlon menjadi target utama negaranya pada perhelatan Asian Games tahun ini. Berbagai persiapan telah dilakukan para atletnya, salah satunya dengan mendatangi Indonesia lebih cepat, termasuk ke Palembang. Ia mengaku bahwa mereka harus melakukan hal ini untuk beradaptasi dengan lokasi dan cuaca di kota Palembang, dikarenakan cuaca di Palembang lebih panas dibandingkan dengan negaranya.

“Kami juga ingin beradaptasi lebih lama terutama dengan venue dan cuaca di Palembang, karena itu kami datang lebih awal, dan mempersiapkannya dengan lebih baik di tahun ini,” katanya.

Koordinator Internasional Relationship and Protokol INASGOC, Yasser Arafat juga mendampingi proses peninjauan. Disela-sela kegiatan tersebut ia mengatakan bahwa dengan adanya kedatangan delegasi Filipina ini semakin memperbanyak jumlah kunjungan delegasi dari negara-negara peserta Asian Games lainnya.

Selain menilai kesiapan venue yang sudah sangat maksimal mereka juga menilai bahwa penyambutan yang diberikan sangatlah ramah. “Menurut mereka, penyambutan yang dilakukan sangat ramah. Kunjungan mereka tidak lain, ingin mengetahui kesiapan venue bagi atlet mereka. Memastikan, jika venue dan fasilitasnya telah siap dipergunakan,” ujar Yasser.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here