Sumber: active.com

Kitogalo.com – Sepuluh cabang olahraga akan menjadi tanggung jawab kota Palembang dalam Asian Games 2018. Salah satu cabang olahraga yang unik dalam Asian Games kali ini adalah Triathlon. Masih banyak warga Palembang yang asing dengan nama cabang olahraga yang satu ini. Triathlon merupakan rangkaian dari 3 macam olahraga  berbeda dalam satu permainan.

Pertama kali diciptakan oleh Scott Tinley, Triathlon awalnya diadakan sebagai bagian dari latihan bagi para olahragawan lari. Lomba Triathlon pertama yang diketahui diadakan di Perancis pada tahun 1920 dan dikenal dengan berbagai sebutan Les trois sports, La Course des Débrouillards dan La course des Touche à Tout. Pada perlombaan triathlon pertama kali, 3 macam olahraga yang ditandingkan adalah berlari, bersepeda dan berkano.

Acara Triathlon pertama yang terdiri dari renang, balap sepeda dan lari diadakan di Mission Bay, San Diego, California pada 25 September 1974. Perlombaan saat itu disusun dan disutradarai oleh Jack Johnstone dan Don Shanahan, anggota San Diego Track Club serta disponsori oleh klub lintasan dengan 46 peserta.

Secara internasional, berdasarkan jaraknya triathlon dapat dikategorikan ke dalam 4 macam, yaitu :

  1. Jarak Sprint (750 meter renang, 20 km sepeda, 5 km lari)
  2. Jarak Intermediate atau Standar (1,5 km renang, 40 km sepeda, 10 km lari)
  3. Jarak Jauh atau biasa disebut Setengah Ironman (1,9 km renang, 90 km sepeda, 21,1 km lari)
  4. Jarak Ultra atau biasa disebut Ironman (3,8 km renang, 180 km sepeda, 42,2 km lari)

Dalam Asian Games 2018 mendatang, jarak triathlon yang akan dipertandingkan adalah jarak Ultra atau biasa disebut Jarak Ironman yang memiliki lintasan paling panjang dibanding jenis jarak triathlon lainnya. Wow, keren bukan?

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here