Sumber: infonawacita.com

Kitogalo.com, Palembang – 15 ton perhari bukanlah jumlah yang sedikit untuk memenuhi kebutuhan ikan bagi masyarakat Palembang. Banyaknya makanan khas Palembang yang berbahan dasar ikan menyebabkan pasokan ikan di Kota Pempek ini harus lebih ekstra dan dikelola dengan baik. Mulai dari tahap pasokan hingga penjualan yang langsung bersentuhan dengan konsumen. Maka dari itu, dalam hal ini ikan-ikan harus terjaga kondisinya agar protein yang terkandung tidak tercemar.

Selama ini, ikan-ikan yang dijual di pasar tradisional agak sedikit dipertanyakan kebersihannya karena dijajakan di pinggir jalan tepat dimana kendaraan dan pejalan kaki berlalu lalang. Melihat kondisi ini, ada baiknya disediakan pasar khusus ikan yang lebih bersih dan teratur.

Kabar gembiranya, ternyata fenomena ini disadari oleh pemerintah. Dilansir dari infonawacita.com, Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang mengatakan bahwa belakangan ini sudah dilakukan persiapan untuk pembangunan pasar ikan modern.

“Saat ini tengah dilakukan berbagai persiapan, jika tidak ada halangan segera dilakukan pembangunan pasar ikan modern di lahan seluas satu hektare yang selama ini menjadi kantor Satpol PP,” kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Kamis (24/5/2018).

Ia juga mengatakan bahwa pembangunan pasar ikan modern ini bisa berjalan dengan lancar sehingga nantinya akan bisa memenuhi kebutuhan pasokan ikan di kota palembang. Proyek yang mendapatkan dana sebesar Rp 26 Milyar dari Kementrian Kelautan dan Perikanan ini sudah bisa dikunjungi pada akhir 2018 jika pembangunannya lancar.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here