Jonathan "Jojo" Christie Saat Mengikuti Tes SKD CPNS. (Sumber: instagram @nahrawi_imam)

Kitogalo.com, Palembang – Berdasarkan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) Nomor 6 Tahun 2018, atlet yang bisa mendaftarkan diri menjadi CPNS di tahun 2018 adalah mereka yang memiliki prestasi berskala internasional antara tahun 2014 hingga 2017.

Dengan minimal prestasi yang dicapai adalah medali perak di ajang Olimpiade dan Paralimpik di 2014 dan 2016, medali perak di Asian Games 2014 dan Kejuaraan Dunia 2016, serta minimal medali emas di ajang SEA Games dan Asian Paragames di tahun 2015 dan 2017.

Namun, bagi para atlet yang telah memiliki prestasi pada Asian Games dan Asian Paragames 2018 akan tetap diberikan keistimewaan. Keistimewaan tersebut yakni beupa passing grade kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diambil dari passing grade terendah.

aa

Hal ini pun dimanfaatkan oleh beberapa atlet muda Indonesia seperti Jonatan “Jojo” Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Tantowi Ahmad, Lilyana Natsir, Eko Yuli Irawan beserta 75 atlet lainnya.

Dilihat dari unggahan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melalui akun Instagram, @nahrawi_imam pada Rabu, 28 November 2018, ada beberapa atlet bulutangkis Indonesia sedang fokus mengikuti tes SKD.

“Smash mpin.. smasshh jangan diliatin aja komputernya. Ayo Pak Eko (Yuli) juga semangat. Itu yang lagi senyum-senyum lihat apa ya? Soal test Calon Pegawai Negeri Sipil dikerjain ya jangan buka yang lain. Coba menurut kalian buka apa mereka?! Mungkin lagi baca komen netizen,” tulis Imam Nahrawi.

Tak hanya Imam Nahrawi, akun Twitter resmi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia @INABadminton juga turut menuliskan cuitannya terkait para atlet bulutangkis yang mengikuti tes CPNS dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB tersebut.

Hasil gambar untuk atlet ikut tes skd

“Pagi ini, beberapa atlet kita sedang mengikuti Computer Assisted Test dalam rangkaian test penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Selamat berjuang!,” tulis @INABadminton.

Salah satu atlet bulutangkis Indonesia, Marcus Gideon mengakui jika tes SKD kali ini tidaklah semudah yang ia bayangkan.

“Ujiannya cukup sulit, tapi kalau saya mengerjakannya tanpa beban. Ada seratus soal, pilihan ganda dan susah semua. Terima kasih kepada pemerintah yang sudah memberi perhatian dan penghargaan kepada para atlet berprestasi,” kata Marcus ketika ditanya soal ujiannya seperti dilansir Badmintonindonesia.org.

Dari banyaknya atlet Indonesia yang mendaftar CPNS dan telah mengikuti tes SKD, terdapat 9 atlet bulutangkis yang tidak bisa mengikuti tes SKD hari ini dikarenakan sedang berada di Gwangju untuk mengikuti turnamen Korea Masters 2018.

Namun, Kemenpora akan menjadwalkan ujian susulan bagi Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Firman Abdul Kholik, Panji Ahmad Maulana, Berry Angriawan, Hardianto, Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani serta Ihsan Maulana Mustofa.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here