Becak yang ngetem di JSC (palembangupdate. com)

Kitogalo.com, Palembang – Guna memperlancar mobilitas para atlet, official, media dan pihak lainnya yang terkait akan kegiatan Asian Games 2018, panitia penyelenggara, INASGOC menyediakan beragam trasportasi mulai dari shuttle bus, golf car hingga becak.

Namun, operasional becak yang ada di kawasan Dekranasda, lebih tepatnya di Main Press Center hanya bisa mengantarkan penumpangnya hingga ke depan pintu gerbang kompleks Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Pasalnya di area kompleks Jakabaring Sport City, panitia penyelenggara sudah menyiapkan shuttle bus dan golf car, baik untuk atlet dan official, media, hingga masyarakat umum.

“Kami di sini setiap hari sejak pembukaan Asian Games. Tempat kami memang disini (kawasan Dekranasda) dan hanya bisa melayani atlet dan official termasuk media yang punya id card Asian Games,” ujar Susilo, salah satu penyedia jasa becak di depan JSC, dilansir dari Sripoku.com, Jumat (24/8/2018).

Dihiasi stiker dan poster Asian Games serta didominasi dengan warna putih, becak yang berada dikawasan JSC ini sudah mulai standby dari pukul 7.00 WIB hingga 16.00 WIB. Menjadi moda transportasi alternatif di seputaran kawasan Jakabaring Sport City, kata susilo, ternyata tidak sulit. Hal yang sedikit membuat mereka kesulitan yakni mereka tak menguasai bahasa asing, sehingga tukang becak ini sulit berinterkasi dengan para atlet yang akan menumpangi becaknya.

“Saya tidak bisa dan tidak mengerti bahasa Inggris. Jadi cuma pakai tangan saja sebagai isyaratnya. Paling mereka minta antar ke depan gerbang,” katanya.

Dalam satu hari ini, kata Susilo, biasanya ia membawa setidaknya lima orang atlet dari rute Dekranasda menuju kedepan gerbang kompleks JSC. Sedangkan biaya transportasi sendiri sudah ditanggung panitia.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here