Bus Air Palembang (klikampera)

Kitogalo.com, Palembang – Menyambut event empat tahunan Asian Games, persiapan yang dilakukan pemerintah seakan tak pernah ada habisnya. Demi memaksimalkan segala sesuatunya sebagai tuan rumah, sarana dan prasarana di Jakarta maupun Palembang dipersiapkan dengan matang. Salah satunya yakni sarana transportasi yang dipersiapkan di Sumatera Selatan. Kementrian Perhubungan RI memberikan bantuan berupa lima bus air untuk menujang Asian Games. Kelima bus air ini diberikan kepada Palembang sebanyak tiga buah, satu untuk Provinsi Sumsel dan satu lagi untuk Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

Dilansir dari Tribunnews.com, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengatakan bus air ini akan diresmikan untuk Asian Games “Bus air ini sama saja seperti bus di darat, hanya ini di air. Nantinya akan diresmikan secara resmi untuk Asian Games,” ujar Gubernur Sumsel.

Namun, tak serta merta dioperasikan sebagai alat trasnportasi umum bagi masyarakat. Selama Asian Games berlangsung, bus air ini akan difungsikan untuk wisata air disepanjang sungai musi. Seperti perjalanan dari Benteng Kuto Besak ke Kertapati atau ke Pulo Kemaro.

Alex menjelaskan pula bahwa bus air ini akan dioperasikan oleh Dinas Perhubungan Provinsi setelah Asian Games 2018 usai. “Bus air ini tidak hanya digunakan saat Asian Games, nanti sesudah Asian Games juga bisa digunakan. Untuk oprasionalnya nanti Dishub, mereka yang menyiapkan baik petugas, nahkoda maupun awak busnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel, Nelson Firdaus mengatakan bahwa Bus Air ini memiliki kapasitas maksimal penumpang sebanyak 20 orang. Sedangkan kapasitas mesin ialah 500pk. Nelson mengatakan bahwa Bus Air akan digratiskan selama Asian Games 2018, bisa digunakan oleh tamu dan perwakilan dari masing-masing negara. Untuk tarif pasca pesta olahraga terbesar se-Asia ini nanti akan dipertimbangkan lagi

“Bus Air ini nantinya untuk wisata air. Baik untuk kontingen luar maupun dalam negeri dan juga tamu yang hadir di Palembang. Untuk oprasional selama Asian Games ini gratis dan setelah Asian Games akan dibahas lebih lanjut,” ujarnya.

Selamat masyarakat Palembang, moda transportasi Kota Palembang bertambah lagi. Yuk gunakan transportasi umum dengan sebaik mungkin!

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here