illustrasi tes (sorot.co)

Kitogalo.com, Palembang – Calon mahasiswa memang memiliki banyak kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi. Banyak jalur tes yang disediakan baik secara serentak maupun secara mandiri. Pasca pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), calon mahasiswa yang masih belum beruntung masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat mencoba jalur terakhir, yakni jalur mandiri.

Dibuka pada hari ini, Selasa (10/07/2018), jalur masuk mandiri ini disebut juga Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB). Dalam kesempatan terakhir ini, hanya 30% calon mahasiswa yang nantinya akan diterima dari total peserta yang ikut ujian.

Dilansir dari Sripoku.com, Humas USMB Unsri, Prof. Dr. Zulkifli Dahlan MSi DEA mengatakan, peserta yang akan mengikuti USMB pada hari ini mencapai 6720 peserta. Calon mahasiwa tersebut merupakan peserta yang tak lulus SNMPTN, SBMPTN dan juga calon mahasiswa yang belum pernah mengikuti rangkain seleksi sebelumnya. Ia menyampaikan hanya 30% dari total pendaftar yang akan diterima. “Jadi USMB tahun ini diikuti 6720 peserta. Dan kuota kita 30 persen dari 6.000 an. Artinya kompetisi cukup selektif,” ujar Zulkifli yang juga merupakan guru besar Universitas Sriwijaya tersebut.

Peserta yang lulus dalam mengikuti seleksi jalur USMB tidak akan mengikuti verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) lagi. Peserta akan langsung berlanjut ke tahap registrasi pada 26-27 Juli 2018 mendatang.

Tak seperti jalur seleksi sebelumnya, Zulkifli menyatakan bahwa besaran uang kuliah sudah ditentukan dari fakultas yang dipilih. “Jadi tidak seperti SBMPTN, ada wawancara UKT. Kalau USMB sudah ditentukan sebelumnya. Dan besaran tergantung fakultas masing-masing,” kata dia.

Mengingat USMB diikuti oleh 7 perguruan tinggi dengan 18 lokasi ujian, Zulkifli mengingatkan peserta agar memperhatikan segala kebutuhan seleksi dengan baik. Jadwal ujian harus menjadi prioritas calon mahasiswa serta alat tulis lengkap harus dipersiapkan dengan baik.

Tak lupa, Zulkifli juga menghimbau agar peserta datang lebih awal karena lalu lintas terkadang tak bisa diprediksi. “Jadi selalu kami ingatkan lebih baik datang lebih awal untuk menghindari titik kemacetan. Kita tidak tahu kendala macet nanti,” ujar beliau.

Beberepa perguruan tinggi Palembang yang menggelar USMB diantaranya ialah Universitas PGRI Palembang, STMIK MDP, Universitas Tridinanti, Universitas Muhammadiyah, Stisipol Candradimuka.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here