Ruangan Hyperbaric Oxygen Therapy (trabzonmedicaltourism.com)

Kitogalo.com, Palembang – HBOT atau Hyperbaric Oxygen Therapy (HBOT) merupakan suatu bentuk terapi dengan cara memberikan 100% oksigen kepada pasien dalam suatu hyperbaric chamber/ruangan hiperbarik yaitu suatu ruangan yang memiliki tekanan lebih dari udara atmosfir normal (1 atm atau 760 mmHg). Metode HBOT ditemukan oleh Behnke sejak tahun 1930 untuk mengatasi penyakit dekompresi (DeCompresion syndrome), yaitu suatu penyakit yang dialami oleh penyelam atau pekerja tambang bawah tanah akibat penurunan tekanan saat naik ke permukaan secara mendadak. Terapi ini biasanya ditemukan di sejumlah Rumah Sakit Angkatan Laut di Indonesia.

Di Indonesia, pemanfaatan HBOT pertama kali dilakukan oleh Lakesia pada tahun 1960 yang bekerja sama dengan RSAL dr.Ramelan, Surabaya. Selanjutnya berkembang ke beberapa rumah sakit yakni RS PT Arun Aceh, RSAL dr. Midyatos Tanjung Pinang, RSAL dr.Mintohardjo Jakarta, RS.Omni Jakarta, RS Pertamina Cilacap, RSAL Halong Ambarawa, RSP Balikpapan, RSU Makasar, RSU Manado, Lakesia TNI AL Surabaya, RSU Sanglah Denpasar, RSAL Halong Ambon, dan RS Petromer Sorong.

Rumah Sakit yang menyediakan teknik pengobatan ini umumnya memiliki fasilitas pengobatan khusus atau hiperbarik center. Struktur bangunan juga biasanya disesuaikan untuk tekanan udara tinggi. Namun di Palembang, kini warga bisa mendapatkannya di Klinik Cokro Husada  yang terletak di Jalan Raya Perumnas Talangkelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang.

Pemilik Klinik Cokro Husada, Dr dr R Pamudji, SpKK, FINDV, FAADV di sela-sela acara Grand Opening mengatakan, Palembang jadi kota ketiga setelah Medan dan Padang yang mempunyai alat HBOT ini.

“Terapi ini cukup sederhana, pasien secara berkelompok akan masuk ke ruangan hyperbaric chamber untuk menjalani terapi oksigen sekitar dua jam. Dalam satu ruangan isinya bisa enam orang,” ujarnya, Senin (16/7/2018) seperti dilansir dari tribunnews.com.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat menjalani terapi, pasien seakan berada di dalam air hingga mencapai kedalaman 14 meter, tentunya selama proses itu akan didampingi sejumlah operator profesional. Pasca menjalani terapi pasien akan dapat langsung merasakan manfaat untuk sejumlah gangguan kesehatan tertentu yang sebelumnya sempat dikeluhkan.

Dengan adanya peningkatan oksigen ke darah, maka akan merangsang penyembuhan jaringan sel yang rusak di seluruh tubuh. Tak hanya kesehatan, terapi ini juga berguna untuk menjaga kecantikan dan kebugaran tubuh yang lelah setelah beraktivitas setiap hari.

Terapi ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit akibat komplikasi diabetes seperti ganggun ginjal, jantung, lever, hipertensi, menghancurkan sel kanker dan sebagainya. Di bidang kecantikan terapi ini mampu meremajakan kulit dan tubuh, penurunan berat badan, toning kulit, pengurangan keriput, serta anti penuaan.

Sementara itu untuk harga sekali terapi kita cukup merogoh kocek sebesar Rp 500 Ribuan untuk satu kali terapi dengan beragam manfaat ini . Bagi yang berminat melakukan HBOT, caranya bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu ke 0815-3271-1013.

Agatha Olivia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here