TCASH TAP (telkomsel.com)

Kitogalo.com, Plaembang – Telkomsel Cash atau yang lebih dikenal dengan TCASH merupakan layanan keuangan digital dari Telkomsel berupa uang elektronik (e-money) yang diawali pada tahun 2015 dengan bentuk TCASH TAP atau stiker dengan teknologi NFC yang memudahkan pembayaran di usahawan fisik dengan hanya menempelkan stiker ke mesin EDC (Electronic Data Capture) yang menerima pembayaran dengan TCASH.

LRT yang hampir rampung ternyata mampu menggaet Telkomsel Region Sumatera Bagian Selatan untuk menargetkan Tcash bisa menjadi alat pembayaran untuk transportasi LRT Palembang nantinya.

Dilansir dari tempo.co.id, Manager Branch Telkomsel Palembang, Dheni Haryanto mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama tripartit dengan Bank Sumsel Babel dan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sebagai langkah awal untuk menggarap pembayaran LRT.

“Saat ini kami baru kerja sama co branding, jadi ada logo Telkomsel, untuk tahap pertama kan uang elektronik Bank Sumsel Babel yang bisa menjadi alat pembayaran LRT, mudah-mudahan di tahap kedua Tcash sudah bisa,” kata Dheni di sela acara MAXstream nonton final Piala Dunia, Minggu, 15 Juli 2018.

Dheni mengatakan perkembangan TCASH sebagai alat pembayaran elektronik di wilayahnya cukup pesat. Berdasarkan catatan pihaknya, saat ini sudah 500 ribu pengguna TCASH di Sumatera Selatan di mana 400 ribu pengguna berada di Kota Palembang. Sementara secara regional Sumatera Bagian Selatan, pengguna TCASH sudah mencapai 2 juta orang.

Layanan yang dicakup oleh TCASH di antaranya adalah transfer ke Bayar dengan TAP, Bayar Beli di HP, belanja Online bahkan Berbagi Uang. Untuk diketahui, terdapat 300 merchant di Palembang yang bekerjasama dengan produk unggulan telkomsel dalam segi pembayaran ini. Setiap merchant biasanya juga aktif menawarkan promo guna menarik para pengguna untuk melakukan transaksi menggunakan TCASH.

Tetapi sayangnya layanan TCASH hanya dapat digunakan oleh para pengguna kartu Telkomsel KartuHalo, simPATI, KartuAs, dan LOOP. Pengisian saldo TCASH dapat dilakukan dengan cara transfer menggunakan ATM, mobile banking ataupun internet banking layaknya transfer ke bank lain dengan nomor kode bank 911 dan ditambah nomor ponsel sebagai nomor rekening yang dituju.

Selain itu, pengguna dapat melakukan pengisian saldo TCASH di GraPARI, GeraiHALO, Bang TCASH (berupa outlet-outlet kecil di daerah-daerah sebagai pengganti fungsi bank), dan agen-agen terdaftar lainnya. Untuk jumlah saldo yang dapat disimpan di TCASH dapat mencapai nominal hingga Rp10.000.000. Hebatnya pula, saldo yang ada di TCASH dapat ditransfer kembali ke rekening bank.

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here