Emas batangan bergambar Presiden RI Soekarno (Dok. Istimewa)

Kitogalo.com, Empat Lawang – Sosok Presiden RI 1 Soekarno masih menjadi idola sebagian besar warga Indonesia. Jejak perjuangannya pun menjadikan Indonesia merdeka yang diperingati setiap tangal 17 Agustus.

Wajah Soekarno pun banyak disematkan di banyak tempat, tidak terkecuali di batangan emas yang ditemukan warga Desa Sukarame, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang.

Emas batangan ini ditemukan SA (36) pada hari Kamis (7/2/2019) sekitar pukul 10.00 WIB, di kediamannya di Desa Sukarame Kabupaten Empat Lawang Sumsel.

Menurut Kepala Desa Sukarame Rosihan, memang salah satu warganya menemukan harta karun tersebut, namun belum bisa dipastikan apakah itu emas asli atau bukan.

Awalnya SA menggali pondasi rumahnya yang terbakar. Saat dia mengayunkan cangkul ke tanah, selalu terbentur benda keras.

“Saat SA menggali lagi, dia menemukan beberapa perhiasan dan batangan emas bergambar Presiden Soekarno,” katanya, Rabu (13/2/2019).

Harta karun yang ditemukan warga Desa Sukarame Kabupaten Empat Lawang Sumsel (Dok. Istimewa)

Batangan emas yang bertuliskan tahun 1818 ini ditemukan bersama dengan keris tulisan jawa dan emas berbentuk mustika naga.

“Memang ditemukan, tapi harus ada pegujian dari ahli di bidangnya untuk mengetahui keasliannya. Sekarang barangnya disimpan oleh SA. Penemuan ini cukup membuat heboh warga” ujarnya.