Kitogalo.com – Sebanyak 24 peserta Kejuaraan Nasional Rally Indonesia di Indralaya, Ogan Ilir 2017 telah menjajal Sirkuit Rally Ogan Ilir, pada 18-20 Agustus kemarin. Usai pertandingan para pembalap mengakui sirkuit tersebut merupakan medan terbaik di Indonesia karena memiliki karakter tanah tiga macam yang menjadi favorit pembalap. Apa saja?

  1. Tanah Berlumpur

Sirkuit sepanjang 13,5 kilometer yang berada di Perkebunan Tebu Cinta Manis Perkantoran Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir ini memiliki titik medan berlumpur yang menjadi tantangan bagi pembalap dan mengatur strategi saat melintas.

  1. Medan Pasir

Saat melahap jalan pasir pembalap harus mengatur kecepatan dan bahkan harus mengurangi kemudi dengan kecepatan rata-rata 200 kilometer per jam. Sebab, kondisi pasir ini menyebabkan debu dan dapat mempengaruhi jarak pandang pembalap.

  1. Tanah Hitam

Satu lagi yang menjadi alasan kenapa sirkuit ini menjadi favorit karena medan tanah hitam. Hal ini diakui oleh Ryan Nirwa, pembalap dari Tim BMR Motorsport yang meraih podium Kejuaraan Nasional Sprint Rally Seri 4. “Track-nya tidak mudah, semakin lama semakin licin dan begitu pula dengan debunya. Kami pun terpaksa mengurangi kecepatan,” kata Ryan usai pertandingan.

Itulah tiga kelebihan dari Sirkut Rally Ogan Ilir yang juga menjadi alasan kenapa Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H. Alex Noerdin menargetkan Kabupaten Ogan Ilir bakal menjadi tuan rumah kejuaraan rally Asia-Pasifik yang berlangsung tahun depan.

Alex Ramdhani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here