Sumber: Youtube

Kitogalo.com, Palembang – Tugu SEA Games yang teletak di pusat kota Palembang kabarnya akan segera tergantikan dengan videotron oleh Pemerintah Kota. Kabid Perijinan dan Non Perijinan Pembangunan Lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang, Candra mengatakan bahwa videotron berbentuk lingkaran dengan diameter 9 m dan tinggi 23 m ini akan menggantikan tugu SEA Games. “Nantinya, videotron tersebut akan menggantikan Tugu SEA Games yang dibangun 2013 lalu. Berdasarkan BPK, setelah lima tahun memang boleh direnovasi tugu tersebut. Air mancurnya tetap menyala,” paparnya pula.

Candra juga menjelaskan bahwa sudah ada investor yang memberikan tawaran pada pihaknya untuk pembangunan videotron di BAM (Bundaran Air Mancur). “Yang pertama direncanakan di BAM. Dan sudah ada pihak ketiga yang menawarkan investasinya,” ujarnya. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa videotron ini akan multifungsi dikarenakan tidak hanya digunakan sebagai media promosi berupa konten iklan semata, namun juga videotron ini memiliki alat seperti CCTV yang dapat digunakan untuk memantau udara, kondisi lalu lintas serta menghitung volume kendaraan yang melintas.

Untuk memperindah Kota Palembang, Candra mengatakan bahwa pemasangan videotron itu sendiri akan menggantikan billboard yang ada sekarang ini. Hal ini juga merupakan instruksi dari Gubernur Sumatra Selatan. “Estetika kotanya akan lebih tertata,” ungkapnya.

Sejauh ini Kota Palembang baru memiliki videotron yang biasanya terletak di sejumlah persimpangan jalan kota Palembang. Dan untuk videotron yang satu ini, investasi yang sudah ditawarkan senilai Rp 12 Miliar. Jadi Candra mengakui kenapa tidak dilanjutkan jika ada yang ingin berinvestasi. “Masih sedikit, kenapa tidak kita coba kalau ada investor yang mau membangun. Mahal ini investasinya, lebih dari Rp12 miliar makanya jarang. Kita terus melakukan kajian dengan dinas terkait, belum resmi,” tegasnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here