Jokowi Meresmikan LRT di Palembang (Instagram Jokowi)

Kitogalo.com, Palembang – Di hari pertama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Palembang, ia pun langsung mersemikan Kereta Api Ringan alias Light Rail Transit (LRT). Acara peresmian tersebut dilaksanakan di Stasiun Jakabaring Palembang, Jokowi yang didampingi Ibu Iriana tampak mengenakan kemeja putih lengkap dengan safety helmet.

Dilansir dari Tribunsumsel.com, dalam kunjungannya, Jokowi mengatakan bahwa Kereta Api Ringan Palembang ini adalah yang pertama di Indonesia.“Yang pertama saya sampaikan, ini adalah LRT pertama di Indonesia, yang telah kita mulai jalankan,” katanya pada Jumat (13/7/2018).

Kesan pertama yang dirasakan Jokowi saat masuk ke dalam kereta ialah euforia Eropa. “Rasanya, seperti di Eropa, yang sering dirasakan di negara maju,” ucapnya.

Jokowi menyampaikan bahwa ”sepur di pucuk” ini memang dibangun untuk menyambut Asian Games 2018. Namun, fungsi LRT tak hanya sebatas Asian Games saja melainkan dapat digunakan sebagai transportasi alternatif bagi masyrakat khususnya masyarakat Palembang.

Ia juga berharap dengan adanya LRT ini, masyarakat bisa merasakan nyamannya menggunakan jasa transportasi dan melakukan budaya disiplin antre. “Yang paling penting membangun budaya baru, transportasi aman nyaman, budaya antre yang akan terbangun setelah kereta LRT nanti berjalan,” ungkapnya.

Jokowi menerangkan rencananya LRT Palembang ini nantinya akan ada empat rute dan sementara ini baru satu rute yakni Bandara SMB-Jakabaring. Ia juga menyampaikan bahwa LRT Palembang ini bisa digunakan sebagai pelopor dan pedoman bagi kota besar lainnya.

“Tapi saya ingin kereta LRT Palembang, menjadi contoh kota besar di Indonesia yang mulai transportasi massal. Ini lebih efesian dari pada kendaraan pribadi,” ucapnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here