Tumblr air minum

Kitogalo.com, Palembang – Isu penanggulangan sampah plastik rumah tangga kini juga sudah merambah ke lingkungan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), ada himbauan khusus lho untuk mengurangi sampah plastik ini.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) bekerjasama dengan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel menggagas Gerakan Mengurangi Sampah Plastik. Peluncuran gerakan tersebut dilakukan pada Jumat (11/10/2019) pagi di halaman kantor Gubernur Sumsel.

Himbauan membawa tumbler juga disampaikan kepada seluruh PNS yang bekerja di lingkup Pemprov Sumsel. Bahkan, para PNS dan honorer, mendapatkan botol air atau tumbler secara cuma-cuma.

Sekda Pemprov Sumsel Nasrun Umar mengatakan, ini menjadi pelopor gerakan mengurangi sampah plastik di institusi pemeritahan resmi. Terlebih keberadaan sampah plastik di beberapa daerah di Indonesia, menjadi isu yang begitu hangat di dunia internasional

“Begitu banyak sampah plastik yang dibuang dan ditemukan di tengah laut. Ini akan mengganggu biota dan habitat lingkungan hidup. Apalagi plastik adalah sampai yang sulit terurai,” ujarnya, Jumat (11/10/2019).

Gerakan Mengurangi Sampah Plastik (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

“Kita harus mulai dari yang kecil karena yang kecil inilah kemudian menjadi besar menjadi global. Dihimbau kepada para PNS dan tenaga honorer di Pemprov Sumsel selalu membawa tumbler, untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai,” ucapnya.

Kewajiban menyelamatkan dunia dari ancaman samoah plastik ini, bisa dimulai dari hal kecil. Misalnya membuang sampah di tempatnya dan menggunakan air dalam kemasan plastik.

Kepala BKD Provinsi Sumsel Hj Nora Elisya mengatakan gerakan ini memang tengah digalakkan secara nasional. Karena itu untuk mengurangi sampah plastik di Sumsel, mereka berinisiatif menggagas gerakan ini.

“Kami menjadi pelopor untuk di lingkungan Setda. Kami berharap gerakan ini segera diikuti oleh semua OPD dan organisasi yang lain,” katanya.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Respon Warga Palembang Akan Rencana Mogok Massal Mitra Go-Car

Ternyata.. Harta Karun di Kecamatan Cengal Dijual ke Sini Lho..

Lokasi Penggalian Harta Karun di Kabupaten OKI Akan Jadi Cagar Budaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here