Nasi Bakar Kendil ala Bu Lies Palembang (Nandoenk / Kitogalo.com)

Kitogalo.com, Palembang – Kebiasaan masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi memang sudah mendunia. Ada banyak ragam nasi yang disajikan dengan berbagai olahan, salah satunya nasi bakar berbungkus daun pisang.

Tapi, jika nasi bakar berbungkus daun pisang sudah biasa dijual di pasaran. Namun di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), ada lho nasi bakar yang menggunakan kendil. Unik kan.

Kamu bisa mendatangi warung Nasi Bakar Pedas Bu Lies yang ada di Palembang Square (PS) Mal Sumsel. Nasi bakar yang menggunakan kendil ini diberi nama Nasi Bakar Kendil.

Pengelola Nasi Bakar Pedas Bu Lies Puspita, Vita mengatakan, Nasi Bakar Kendil merupakan satu-satunya yang ada di Palembang. Dengan bumbu khas yang merupakan resep rahasia ibunya.

“Nasi Bakar Kendil ini menu terbaru yang ada di sini dan satu-satunya yang ada di Palembang,” katanya, Jumat (31/1/2020).

Lalu diatas nasi tersebut ditambah dengan suwiran ayam, potongan baby cumi, suwiran pedo, teri, ati empela serta diberi daun kemangi dan dibakar dengan Kendil.

Dalam penyajian Nasi Bakar Kendil ini boleh memilih tiga varian lauknya. Dari segi rasa Nasi Bakar Kendil ini rasanya gurih dan nikmat.

Nasi Bakar Kendil ala Bu Lies Palembang (Nandoenk / Kitogalo.com)

“Karena dibakarnya menggunakan kendil, maka saat akan menyantap Nasi Bakar Kendil ini ketika dibuka akan keluar asapnya dengan aroma yang wangi dari daun kemangi dan tentu menggoda selera,” ucapnya.

Menurut Vita yang merupakan anak dari Bu Lies menjelaskan, dipilihnya menggunakan kendil, sebab aromanya lebih kuat dan terasa ketika menggunakan kendil ketimbang pakai daun.

Selain itu menggunakan kendil terlihat lebih unik dan beda dari yang lainnya. Terlebih Kendil yang digunakan ini didatangkan khusus dari Kelaten.

“Untuk harga seporsi Nasi Bakar Kendil mulai dari Rp25.000 sampai Rp30.000,” ujarnya.

Selain ada Nasi Bakar Kendil, ada juga menu lainnya seperti Nasi Bakar Baby Cumi, Nasi Bakar Pedo, Nasi Bakar Tongkol, Nasi Bakar Teri, Nasi Bakar Ayam dan lain-lain.

Selain itu ada juga Nasi Bakar Kebuli. Namun untuk Nasi Bakar Kebuli hanya dijual di hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

“Ciri khas kita kalau orang rata-rata pakai nasi putih ataupun nasi uduk, kalau kita pakainya nasi yang diberi bumbu rempah-rempah sehingga memiliki citarasa yang tersendiri,” ucapnya.

Kemudian dari segi penyajiannya juga unik yaitu menggunakan gerabah, sehingga kesanya menarik. Untuk Nasi Bakar Pedas Bu Lies ini ada di beberapa tempat seperti di PS Mal, Palembang Indah Mal (PIM), Rajo Tentro Cafe dan di Restorasi Kereta Api.

Editor : Nefryu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here