Muhammad Hinayah si Atlet Panjat Tebing (Tribunnews.com)

Kitogalo.com, Palembang – Ajang kompetisi bakat paling bergengsi se-Asia, Asian Games 2018 merupakan salah satu ajang anak negeri untuk unjuk bakat dalam berbagai bidang olahraga. Tak ketinggalan, salah satu atlet asli pribumi, Sumatera Selatan ikut serta dalam memperebutkan salah satu kejuaraan lomba.

Muhammad Hinayah merupakan atlet panjat tebing asal Sumatera Selatan, tepatnya Sekayu, Musi Banyu Asin. Ia telah berhasil melewati kemah Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) dan menjadi perwakilan Indonesia di Asian Games 2018.

Dikutip dari Sripoku.com, awal mula perjalan Hinayah menekuni panjat tebing berawal dari ajakan teman-teman sebayanya saat ia masih belia. Sering dipamerkan di alun-alun Kota Sekayu, Hinayah mengaku bahwa salah satu temannya ikut olahraga panjat tebing. “Nah ada teman yang ikut olahraga panjat tebing itu, mengajak saya,” ujar dia.

Saat pertama kali mencoba, lelaki yang tengah mengenyam pendidikan Manajemen Informatika di Politeknik Negeri Sriwijaya ini mengaku bahwa ia masih sebatas memanjat tanpa memperhatikan kecepatan. “Tapi waktu itu hanya sebatas memanjat lead/tantangan kesulitan. Belum fokus pada speed,” terangnya.

Tak hanya sampai satu kali mencoba, Hinayah mengaku rajin berlatih dan terus menaklukan tantangan demi tantangan hingga akhirnya membuat lelaki berdarah Sekayu ini memantapkan pilihan untuk berkarir di dunia panjat tebing. Terus berlatih, Hinayah mencoba mengikuti berbagai lomba dari berbagai macam level kejuaraan.

Tak sia-sia, perjuangannya menekuni olahraga yang identik dengan pecinta alam ini membawa namanya kian melambung sejak Kejuaraan Dunia di Moscow, Rusia. Ia berhasil dianugerahi peringkat keempat dunia untuk catatan rekor kualifikasi kelas Speed Men pada IFSC Climbing Worldcup (B,S) Moscow 2018 dengan catatan waktu 6,12 detik.

Ia mengungkapkan sudah banyak sekali kejuaraan panjat tebing bergengsi yang ia taklukan “Medali kemarin baru-baru ini dapat perak di Kejurnas Junior 2014 , kemudian emas di Porwil 2014 kemain dan di Asian Championship mendapat perunggu,” kata dia.

Semoga saja Hinayah tak kalah dengan atlet-atlet lainnya dan ia mampu mengharumkan nama Indonesia di Ajang Asian Games 2018.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here