Sumber: Twitter

Kitogalo.com, Palembang РPara pemudik yang melewati jalan Sumatera Selatan kini bisa melewati jalan bebas hambatan yakni tol Palembang-Indralaya atau lebih dikenal tol Palindra. Gerbang tol Indralaya sudah diresmikan pada Jumat, 8 Juni 2018. Gerbang ini sudah bisa memfasilitasi para pemudik yang akan pulang kampung menuju kota atau kabupaten yang melintasinya seperti Prabumulih, Muara Enim, Lahat dan lain-lain. Tol yang dibangun sejauh 22 kilometer ini beroperasi dari H-7 sampai H+7 lebaran.

Dilansir okezone.com Manager Proyek PT Hutama Karya (Persero) Divisi Tol Palindra, Hasan Turcahyo mengatakan pemudik belum bisa menikmati akses masuk luar (interchange) dari KTM rambutan karena belum selesai pengerjaannya. Jadi pemudik bisa menggunakan gerbang pemulutan sebagai akses utama. “Jadi Pemudik yang ingin melintas hanya bisa keluar melalui akses di gerbang Pemulutan. Pengerjaan pintu akses terlambat lantaran terkendala pembebasan lahan,” kata dia.

Ada beberapa progres pengerjaan yang belum selesai di antaranya pemasangan marka jalan, lampu, kongkrit barier, petunjuk jalan dan fasilitas lainnya. Namun Hasan mengungkapkan bahwa pemudik akan tetap aman karena pemisah jalan sudah terpasang dengan baik. “Paling tidak pada saat mudik pagar pemisah jalan sudah ada sehingga pengendara tetap bisa melewati tol dengan aman. Namun kami juga akan terus mengimbau agar pemudik berhati-hati nantinya,” ujar dia.

Pembangunan tol juga dilengkapi fasilitas lainnya untuk mendukung arus mudik dan arus balik agar tetap berjalan lancar. Disana akan ada bengkel, masjid, toilet, kios Pertamina yang menyediakan BBM dan sebagainya.

Untuk sistem pembayaran, bisa dilakukan dengan e-money. Namun untuk gerbang Indralaya dan keluar di Pemulutan tidak berbayar karena berlum selesai sempurna sehingga belum siap digunakan. Sedangkan tol seksi 1 yang diresmikan oleh presiden Jokowi tetap berbayar. “Yang diresmikan Presiden tetap bayar tetapi gerbang Inderalaya dan keluar ke Pemulutan tidak bayar karena gerbang tol belum siap,” kata dia.

Selain itu, pada Agustus mendatang akan ada kelayakan dan pertengahan bulan september akan diresmikan jika rencana berjalan lancar. “Agustus akan dilakukan uji kelayakan jalan tol. Mudah-mudahan pada pertengahan September, tol sudah dapat diresmikan dan dimanfaatkan,” kata dia.

Untuk masyarakat Sumatera Selatan, selamat mudik menggunakan jalan tol yang baru
diresmikan ya!

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here