Sumber: Youtube

Kitogalo.com – Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Memiliki sejuta wisata, Sumatera Selatan menyumbangkan 7 wisata dari 18 nominasi yang ada. Nominasi dan destinasi apa sajakah itu? Yuk simak sampai habis!

1. Promosi Pariwisata Digital Terpopuler : Pesona Sriwijaya (IG/TW) – Provinsi Sumatera Selatan

Sumber: Instagram, pesonasriwijaya

Instagram Pesona Sriwijaya merupakan akun official pariwisata Sumatera Selatan. Memiliki pengikut sebanyak 21,3 ribu, akun ini masuk dalam nominasi Promosi Pariwisata Digital Populer

2. Wisata Kreatif Terpopuler : Pelancu – Kabupaten Lahat

Wisata Pelancu, Lahat (kitogalo.com)

Wisata Pelancu yang terletak di Desa Ulak Pandan, Merapi Barat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mempunyai daya tarik untuk dikunjungi. Betapa tidak, pesona yang alami begitu indah dibalut dengan hiasan-hiasan tambahan karya jemari manusia kreatif ditambah dengan keindahan latar belakang Gunung Jempol membuat tempat ini cocok masuk dalam nominasi kreatif populer.

3. Kampung Adat Terpopuler : Kampung Al Munawwar – Kota Palembang

Kampung Arab Al Munawwar, Palembang (kitogalo.com)

Keunikan yang ada di kampung Al-Munawwar membuat kampung arab ini cocok masuk kedalam nominasi kampung adat terpopuler. Terletak di kecamatan seberang ulu II Palembang, kampung ini memiliki rumah kuno yang sudah berumur ratusan tahun, penduduk keturunan arab yang masih berdomilisi di kampung ini dan kegiatan atraksi bernuansa arab yang ditawarkan dapat membuat pengunjung berdecak kagum dan ingin kembali lagi.

4. Wisata Halal Terpopuler : Al-Qur’an Al Akbar – Kota Palembang

Al Qurán Al Akbar di Gandus, Palembang (kitogalo.com)

Keunikan wisata yang satu ini tentu sudah tidak diragukan lagi. Al-qur’an raksasa ini merupakan alqur’an terbesar di dunia yang pernah dibuat. Beralamatkan di kecamatan Gandus Palembang, ayat alqur’an dipahat diatas kayu dan disusu dengan rapi, tempat ini dapat mengundang banyak pasang mata untuk berkunjung lebih dari satu kali menikmati keunikan yang ditawarkan.

5. Wisata Olahraga & Petualangan Terpopuler : Mountain Bike Bukit Sulap – Kota Lubuklinggau

Sumber: sigerindo.com

Bukit Sulap adalah tujuan wisata alam berupa bukit besar dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan tumbuh-tumbuhan alami dan indah dan suhu udara dingin merupakan tantangan yang cukup besar bagi wisatawan dan pencinta alam yang mencintai petualangan bukit. Pada Juni 2014, Bukit Sulap Resor digunakan sebagai tempat pelaksanaan ajang 20th the Asian Mountain Bike Championship dan 6th Asian Junior (MTB Championship). Tak heran jika bukit sulap masuk dalam nominasi wisata olahraga dan petualangan populer

6. Objek Wisata Unik Terpopuler : TN Sembilang – Kabupaten Banyuasin

Sumber: southsumateratourism.com

Taman Nasional Sembilang (TNS) adalah taman nasional yang terletak di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Taman Nasional Sembilang terdiri dari kurang lebih 77.500 ha hutan mangrove yang merupakan hutan mangrove terluas di Indonesia bagian Barat. Mangrove disini meluas jauh sampai 35 km ke arah daratan dengan 17 spesies atau 43 dari seluruh spesies mangrove di Indonesia. Selain itu terdapat berbagai macam spesies Flora seperti paku gajah, nipah, jeluntung dan sebagainya. Berbagai spesies fauna juga hidup di taman yang satu ini seperti tapir, harimau sumatera, bulwok putih dan banyak lagi.

7. Dataran Tinggi Terpopuler : Gunung Dempo – Kota Pagar Alam

Gunung Dempo, Pagar Alam (kitogalo.com)

Didaulat sebagai gunung tertinggi di Sumatera Selatan, gunung ini memiliki ketinggian 3159 mdpl. Selain itu, keindahan yang ditawarkan Gunung dempo tak main-main. Banyak sekali air terjun di sekitaran gunung dan juga kebun teh yang terbentang luas. Gunung ini terletak di daerah penghasil kopi Robusta, Pagaralam.

Nah, agar pariwisata Sumatera Selatan tidak hanya sekedar masuk dalam deretan nominasi saja, boleh banget nih temen-temen ikutan voting. Bagaimana caranya? Yuk praktekan cara yang sudah disediakan dibawah ini!

1. SMS
– Untuk Pesona Sriwijaya, Ketik :
API (spasi) 13E kirim ke 99386
– Untuk Pelancu – Lahat, Ketik :
API (spasi) 14J kirim ke 99386
– Untuk Kampung Arab Al Munawar – Palembang, Ketik :
API (spasi) 9I kirim ke 99386
– Untuk Al Qur’an Al Akbar – Palembang, Ketik :
API (spasi) 11A kirim ke 99386
– Untuk Mountain Bike Bukit Sulap – Linggau, Ketik :
API (spasi) 3D kirim ke 99386
– Untuk Taman Nasional Sembilang – Banyuasin, Ketik :
API (spasi) 16J kirim ke 99386
– Gunung Dempo – Pagaralam, Ketik :
API (spasi) 6F kirim ke 99386

2. Download aplikasi Anugerah Pesona Indonesia Award di Playstore.
Vote sesuai Kategori Nominasi Destinasi Wisata Sumsel yang ada.

Masa voting dimulai tanggal 5 Juni dan berakhir tanggal 31 Oktober 2018.

Vote sebanyak-banyaknya ya untuk Sumatera Selatan…

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here