Kitogalo.com – Pasca lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), kamu yang pelajar di Sumatera Selatan pasti langsung berburu kampus untuk melanjutkan ke jenjang sarjana. Tidak sedikit juga yang memilih ke luar kota, tapi kebanyakan sih tetap stay di Palembang. Berikut lima kampus paling favorit di Bumi Sriwijaya menurut tim kitogalo.com.

  1. Universitas Sriwijaya (Unsri)

Kampus ini paling banyak diminati calon mahasiswa, tidak hanya pelajar dari Provinsi Sumatera Selatan, tapi juga luar daerah. Saat ini, Universitas Sriwijaya memiliki buah kampus yaitu di Bukit Besar, Kota Palembang dan di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Kampus yang sudah berdiri sejak 17 Agustus 1952 ini, memiliki 10 fakultas.

Setiap tahunnya, Unsri menerima sekitar 8.000 mahasiswa baru. Menjadi salah satu kampus terbesar di Pulau Sumatera, Unsri terakreditasi A (Amat Baik) yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Sejumlah tokoh nasional juga lahir dari rahim kampus ini. Diantaranya, Prof Amzulian Rifai (Ketua Ombudsman Republik Indonesia), Antasari Azhar (Mantan Ketua KPK), Marzuki Ali (Mantan ketua DPR RI), Ridwan Mukti (Gubernur Bengkulu), Ishak Mekki (Wakil Gubernur Sumsel), Taufiq Kiemas (Mantan ketua MPR RI) dan beberapa tokoh lainnya.

  1. Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN Raden Fatah)

Universitas Islam Negeri Raden Fatah semula lebih dikenal sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Kampus yang berganti nama pada 2014 ini menjadi salah satu primadona bagi kalangan anak SMA. Sebab, selain keunggulannya di bidang keilmuan Islam, telah dibuka beberapa fakultas umum sehingga bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Di antaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi dan Fakultas Psikologi.

Kehadiran fakultas umum ini, melengkapi sejumlah fakultas yang sudah hadir lebih dulu seperti Fakultas Syari’ah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Fakultas Adab dan Humaniora serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Lokasi kampus yang strategis berada di tengah kota juga menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa baru.

  1. Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP)

Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) merupakan salah satu universitas swasta terbesar di Sumatera Selatan di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah. UMP menjadi salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang memiliki Fakultas Kedokteran.

Awalnya, sejak resmi dibuka 15 Juni 1979, kamus ini hanya terdiri dari tiga fakultas yaitu Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Ekonomi dengan Program Studi Manajemen Perusahaan, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UMP terus berkembang menjadi enam fakultas dan terdapat program double degree.

  1. Universitas Bina Darma 

Universitas Bina Darma mengalami perkembangan yang sangat pesat setelah berubah dari Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Darma. Kampus swasta ini menjadi incaran nomor satu bagi mahasiswa yang ingin mempelajari dunia komputer.

Kini, Universitas Bina Darma yang saat ini mengelola lima fakultas dengan 18 program studi. Sejak tahun 2007 Universitas Bina Darma membenahi diri dengan mengubah Fakultas Bahasa dan Sastra menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Program studi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jadi Fakultas yang ada di Bina Darma sekarang ini adalah Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Komunikasi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

  1. Politeknik Negeri Sriwijaya

Politeknik Negeri Sriwijaya merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sebelumnya, Poltek Sriwijaya bernama Politeknik Universitas Sriwijaya  dan resmi dibuka pada tanggal 20 September 1982.

Pada fase pertama Politeknik hanya mempunyai dua jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin dengan daya tampung maksimum 576 orang mahasiswa dan dengan sarana pendidikan, staf pengajar dan kurikulum yang dirakit secara nasional dan terpusat di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik PEDC, Bandung.

Saat ini, Politeknik memiliki 9 jurusan dan 22 program studi untuk Diploma III dan Diploma IV. Jumlah mahasiswa Politeknik lebih dari 5.000 orang dan terus meningkat setiap tahunnya dengan penambahan fasilitas dan dibukanya beberapa program studi baru.

Alex

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here