Tanaman Obat Keladi Tikus (Kitogalo.com / Nandoenk)

Kitogalo.com, Palembang – Pondok Herbal di Desa Gajah Mati, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel, sedang mengembangkan tanaman obat keluarga (toga).

Salah satu tanaman obat yang sedang dibudidayakan yaitu Keladi Tikus. Pondok Herbal dari Kelompok Toga Kenanga ini, merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari SKK Migas Wilayah Sumbagsel dan PT Medco E&P Indo – Rimau Aset.

Harapan hidup lebih baik dirasakan Usbayati (47), warga Desa Gajah Mati, yang juga anggota Kelompok Toga Kenanga.

Dirinya hampir putus asa mengurus anaknya Sini Susanti (20), yang didiagnosa mengidap penyakit kanker payudara. Apalagi tim medis menyarankan agar anaknya melakukan operasi pengangkatan sel kanker.

“Saya takut anak saya dioperasi, karena banyak operasi pengangkatan kanker payudara yang gagal. Jadi saya coba pakai obat herbal, seperti Keladi Tikus, Kunir Putih, Binahong, Sirih Merah dan minyak VCO,” katanya, Sabtu (12/10/2019).

Setelah rutin mengkonsumsi dan membalur racikan tanaman obat tersebut, anaknya akhirnya terbebas dari penyakit mematikan tersebut. Bahkan sudah tiga bulan ini, kondisi kesehatan anaknya semakin membaik.

Program Toga Kenanga ini juga membantu salah satu warga Desa Gajah Mati, yang kesulitan untuk mendapatkan keturunan.

Dengan rutin mengkonsumsi racikan tanaman Batu Cina, akhirnya warga tersebut mendapatkan anak setelah tiga tahun menikah.

“Ada juga warga kami yang sakit diabetes dan TBC parah. Setelah rutin meminum racikan obat herbal, kondisinya berangsur sehat. Kami merasa terbantu dengan program ini. Kalau dulu, kami tidak tahu apa saja manfaat tanaman obat yang banyak tumbuh di pekarangan rumah,” ucapnya.

Menurut Yeni Lusmita, Koordinator Koperasi Wanita Herbal Bersatu Kabupaten Musi Banyuasin Sumsel, ada 18 jenis tanaman obat yang sudah dibudidayakan, seperti Keladi Tikus, Batu Cina, Sirih Merah, Stevia, Kecubung, Kayu Secang, Temu Lawak, Kunir Putih dan lainnya.

“Ada beberapa warga kami yang menderita sakit parah dan merasa putus asa dengan penyakitnya. Setelah tahu apa khasiat dari Keladi Tikus, banyak yang sudah sembuh dengan obat-obatan herbal, tanpa takut ada efek samping seperti konsumsi obat-obatan kimia,” katanya..

Para anggota kelompok yang sudah terlatih, bisa mengetahui jenis tanaman apa untuk mengobati berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, tumor, darah tinggi, kerusakan ginjal hingga menyuburkan rahim.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Cara Klub Motor Palembang Kurangi Polusi Udara dengan BBM Ramah Lingkungan

4 Gaya Hidup ini Yang Buat Dompetmu Cepat Kosong

Hasanah Card BNI Syariah, Memutus Rantai Riba Perbankan dengan Kartu Kredit Islami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here