laman muka prakerja.go.id untuk mendaftar (kitogalo.com)

Kitogalo.com, Palembang – Tak menunggu lama, pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang Kelima dibuka kembali setelah sebelumnya gelombang keempat ditutup pada Rabu (12/8) lalu. Pendaftaran Gelombang kelima ini resmi dibuka hari ini, Sabtu, 15 Agustus 2020. Hanya lima hari loh.

Kuota peserta Kartu Prakerja Gelombang Kelima kali ini dialokasikan sama dengan gelombang sebelumnya, yakni 800.000 peserta. Kuota yang cukup banyak ini berlaku bagi pendaftar lama yang belum lolos atau pun pendaftar baru. Bagi pendaftar kartu prakerja yang belum lolos di gelombang pertama hingga gelombang keempat, bisa langsung login ke akun Kartu Prakerja yang sudah terdaftar dan menambahkan nomor Kartu Keluarga (KK) lalu klik “Gabung” dengan Gelombang 5.

Bagi pendaftar baru, beberapa hal penting ini wajib menjadi catatan penting. Peminat perlu memenuhi tiga syarat mudah ini dahulu. Yaitu:
1. Warga Negara Indonesia (WNI),
2. Usia di atas 18 tahun, dan
3. Tidak sedang bersekolah atau menempuh pendidikan formal.

Berikut Cara Daftar Kartu Prakerja:
1. Daftarkan akun pribadi di situs prakerja.go.id.
2. Jangan lupa gunakan email yang aktif beserta nomor ponsel. Sebab, kode verifikasi akan dikirimkan ke email atau nomor ponsel tersebut. Trus, langsung verifikasi.
3. Login kembali ke akun yang dibuat tadi di prakerja.go.id di mana kamu perlu verifikasi KTP, isi data diri, dan nomor handphone (HP). Di laman ini kamu juga perlu upload foto KTP dan masukkan nomor Kartu Keluarga (KK).
4. Lalu, kamu harus segera melanjutkan dengan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Ada 18 pertanyaan sederhana yang wajib kamu jawab dalam waktu 25 menit. Kamu pasti bisa.
5. Setelah selesai tes, kamu harus klik “Gabung” Gelombang 5. Ini yang paling penting loh. Jangan lupa juga klik lembar persetujuan ya.
6. Terakhir, berdoa. Tunggu sampai pengumuman yang telah ditentukan oleh manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melalui e-mail atau rajinlah cek akun pribadimu di situs prakerja.go.id

Jika dinyatakan lolos sebagai peserta kartu prakerja maka kamu akan dihubungi dan bersiaplah untuk memilih pelatihan apa saja yang ingin diikuti. Sesuaikan dengan passion masing-masing. Setelah lulus dari pelatihan tersebut, peserta akan mendapatkan sertifikat.

Lalu, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang dengan rinciannya Rp 1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp 600 ribu selama 4 bulan untuk insentif pelatihan dan Rp 150 ribu insentif survei yang dilakukan sebanyak 3 kali.

Irwan S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here