Kabut asap yang tebal menurunkan jarak pandang, sehingga keberangkatan dan kedatangan pesawat di Bandara Internasional SMB II Palembang tertunda (Kitogalo.com / Nandoenk)

Kitogalo.com, Palembang – Sejak Senin (14/10/2019) pagi, ketebalan kabut asap yang menyelimuti Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) membuat jarak pandang lebih pendek dan terganggu.

Kabut asap yang pekat juga mengganggu jadwal penerbangan puluhan pesawat terbang di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang Fahroji mengatakan, ada dua penerbangan yang return to base atau kembali ke pangkalan semula, 1 penerbangan dialihkan, 14 penerbangan keberangkatan yang ditunda karena cuaca buruk dan 11 penerbangan kedatangannya terlambat.

“Kabut asap yang pekat membuat jarak pandang sangat rendah di SMB II Palembang. Kondisi normal baru terjadi pukul 09.41 WIB dengan jarak pandang normal 800 meter. Akibatnya 28 maskapai tertunda kedatangan dan keberangkatannya,” ujarnya, Senin (14/10/2019).

Pada pukul 05.30 WIB – 07.00 WIB jarak pandang hanya 500 meter. Lalu di pukul 06.47 WIB – 08.00 jarak pandang paling rendah yaitu 50 meter. Pada pukul 08.07 WIB – 09.00 WIB, jarak padang 100 meter dan pukul 08.58 WIB – 10.00 WIB jarak pandang 150 meter.

“Jarak pandang normal yang bisa dipakai pihak maskapai untuk berangkat ataupun datang adalah 800 meter,” ungkapnya.

Menurutnya, penerbangan yang return to base yakni penerbangan dari Cengkareng-Palembang dan Kuala Lumpur-Palembang. Untuk penerbangan yang dialihkan, yakni dari Pekanbaru-Palembang.

Diungkapkan Kepala Kantor AirNav Cabang Palembang Ari Subandrio, jarak pandang pagi ini hanya 50 meter dan itu cukup berpengaruh pada maskapai yang hendak mendarat ke Bandara SMB II Palembang.

“Penerbangan yang terdampak Sriwijaya Air dari Jakarta, Wings Air dari Pekanbaru dan Air Asia dari Kuala Lumpur dan sebagainya. Kita sudah mengeluarkan Notice To Airmen (Notam) untuk maskapai sampai kondisi kabut asap dan jarak pandang membaik.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Meme Lucu ini Viral Saat Jembatan Ampera Hilang Akibat Kabut Asap

Kabut Asap Kembali Tebal, SD-SMP Diliburkan Selama 3 Hari

Ini Manfaat Infused Water saat Terpapar Kabut Asap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here