Suasana booth Ticketing di Stasiun BNI City (kitogalo.com/Aura Nabila)

Kitogalo.com – Buat kamu yang punya rencana melancong ke Jakarta, udah coba naik kereta api (KA) Bandara yang menuju ke kota? Kalau belum, yuk simak hal-hal berikut sebelum kamu naik KA Bandara.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kamu bisa langsung turun satu lantai menggunakan lift atau escalator yang ada di dekat Terminal satu (T1). Selanjutnya, jalan menuju ke KALAYANG ( Sky Train) untuk menuju ke stasiun KA Bandara. Gak usah khawatir juga kesasar atau bingung mau lewat mana karena kalian bisa langsung tanya ke petugas. Di sana banyak petugas yang siap menjawab kebingungan dan mengarahkan kalian. Mereka sangat bersahabat loh.

Setelah naik KALAYANG, berhenti di Stasiun KA Bandara. Oh iya, fasilitas ini gratis ya. Waktu tempuh dari terminal satu ke Stasiun Bandara itu hanya beberapa menit. Jadi, jangan lengah atau ketiduran ya.

Rute KALAYANG di dalam Bandar Soekarno-Hatta (kitogalo.com/Aura Nabila)

Setelah turun dari KALAYANG, kalian akan masuk langsung ke Stasiun KA Bandara. Nah, langkah selanjutnya adalah pemesanan tiket. Kalian bisa pilih beberapa cara dalam hal pemesanan tiket KA Bandara. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu melalui Aplikasi atau melalui vending machine yang tersedia di stasiun. Tiket yang kalian dapat kurang lebih seperti ini.

Tiket dari bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun BNI City (kitogalo.com/Aura Nabila)

Oh iya, tiketnya gak boleh remuk, kelipet di bagian barcode ya, apalagi hilang. Karena, tiket ini adalah boarding pass kalian buat tap in dan tap out. Kalo barcode-nya gak kebaca atau tiket kalian hilang kepaksa harus beli lagi. Harga tiket berkisar Rp 70.000/orang dengan keberangkatan dari Stasiun BNI City dan stasiun pemberhentian di stasiun KA Bandara Soekarno Hatta.

Oke, sekarang kamu siap untuk melanjutkan perjalanan berikutnya. Tap in barcode di pintu masuk. Kamu baru bisa memasuki peron keberangkatan 15 menit sebelum jadwal keberangkatan KA Bandara. Kalau datangnya kecepatan, bisa menunggu di ruang tunggu yang nyaman banget. Di sana disediakan beberapa sofa, bahkan working space di mana kamu bisa ngerjain deadline kerjaan atau sambil charging smartphone atau laptop. Kalau laper, di stasiun ini banyak juga terdapat tenant-tenant makanan yang enak. Tapi ingat! Kalau berencana buat makan, makanan dihabisin dulu ya sebelum masuk kereta karena tidak diizinkan makan dan minum di dalam kereta.

Waktu tempuh dari Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun BNI City sekitar 46 Menit. Tahun depan bakal lebih cepat nih, bisa menjadi 36 menit. Info ini disebutkan langsung oleh GM PT. Railink Suparna saat bertemu di Stasiun BNI City. “ Kami sedang menyusun perencanaan matang untuk merealisasikan waktu tempuh yang lebih cepat menjadi 36 menit dari Stasiun KA Bandara Soekarno Hatta ke Stasiun BNI City”, ujarnya kepada kitogalo.com, pada Kamis, 10 Oktober 2019 lalu.

Yang jelas, pastikan kalau kamu turun di stasiun tujuan yang tertera di tiket ya. Karena, penumpang yang turun tidak sesuai dengan stasiun tujuan yang dipilih, akan dikenakan penalty berupa penggantian/pembelian ulang tiket KA Bandara dengan ketentuan tiket KA Bandara yang telah digunakan tidak dapat dilakukan pembatalan/refund.

Perhatikan juga bawaan kalian. Berdasarkan ketentuan KA Bandara menyebutkan bahwa berat maksimum bawaan penumpang adalah 20 kg dan atau panjang maksimum 150 cm dan atau lebar maksimum 60 cm.

Satu hal lagi, buat kalian yang mau coba berbagai transportasi umum di Jakarta, Stasiun BNI City menjadi pilihan  pemberhantian terbaik. Stasiun BNI City terintegrasi langsung dengan Stasiun KRL Sudirman, Busway, dan MRT. Kalo mau naik transportasi online juga bisa.

Semoga info ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Aura Nabila Tegar

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here