Sumber: Tribunsumsel.com

Kitogalo, Palembang – 73 tahun sudah Pancasila dirumuskan sebagai dasar negara Republik Indonesia. Berpartisipasi dalam mengingat sejarah yang satu ini, pemerintah provinsi Sumatera Selatan menggelar upacara pada kamis (31/5/18) bertempat di halaman kantor Gubernur Sumatera Selatan.

Meski peringatan hari lahir Pancasila tahun ini jatuh pada bulan ramadan, dimana bulan ni seluruh masyarakat muslim berpusa namun upacara tetap bisa digelar dengan khidmat. Dalam kesempatan kali ini, Sekretaris Daerah (Sekda) H. Nasrun Umar bertindak sebagai pembina upacara.

Dilansir dari TribunSumsel.com, Nasrun menyampaikan beberapa sejarah Pancasila dalam pidatonya sebagai pembina upacara. “Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Bapak Ir. Soekarno, kemudian Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar pada Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan sehingga dapat membangun kesepakatn bangsa yang telah mempersatukan kita,” ucapnya di hadapan seluruh peserta upacara.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa digelarnya upacara ini tak lain untuk mendalami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Di akhir pidatonya, Nasrun mengatakan bahwa mepersatukan hati, pikiran dan tenaga bisa dilakukan untuk mewujudkan cita-cita Pancasila, mempererat persatuan dan persaudaraan sebagai bangsa yang satu agar dapat menjadikan Indonesia bangsa yang adil dan makmur dimata dunia.

“Sekali lagi, jaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan di antara kita semua. Mari kita saling bersikap santun dan menghormati saling toleran dan bahu membahu untuk kepentingan bangsa yg kita cintai ini. Selamat hari lahir Pancasila, kita Indonesia kita Pancasila,” tutupnya.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here