Bis Wisata Wonderful Indonesia di Lapangan Merah Moskow. Sumber foto: El John News

Kitogalo.com – Berbagai macam cara dilakukan oleh Kementrian Pariwisata RI guna mempromosikan Indonesia ke mata dunia. Salah satunya yaitu menarik perhatian warga Rusia dengan bus wisata bertema “Wonderful Indonesia” dan “Asian Games 2018 Jakarta-Palembang”. Bus ini berkeliling di jalan-jalan utama ibukota Rusia mulai dari 1 – 20 Juni 2018.

Selain bus bergambar Candi Borobudur, ada pula bus wisata lain menggambarkan keindahan Pulau Dewata yang menelusuri kota Moskow dengan rute berbeda. Selain di Moskow, bus “Wonderful Indonesia” ini juga nantinya akan berkeliling di salah satu kota wisatas utama dan kota terbsar kedua di Rusia, yakni St. Petersbur.

Rusia merupakan salah satu negara penyumbang wisatawan asing terbesar di Indonesia. Hal ini terbukti dengan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Data Kementerian Pariwisata RI menunjukkan bahwa jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia pada 2017 mencapai 110.529 orang, naik 37,28 persen dari tahun 2016 yang tercatat sebanyak 80.514 orang. Persentase kenaikan ini merupakan yang tertinggi di antara wisatawan negara-negara lain yang berkunjung ke Indonesia.

Hasil gambar untuk bus wonderful indonesia rusia
Sumber foto: liputan6.com

Berdasarkan informasi dari Kementerian Pariwisata RI, sebanyak 17 unit bus besar dengan desain yang menggambarkan objek-objek wisata Indonesia akan beroperasi mulai 18 Juni hingga 9 September 2018, dan empat unit bus besar lainnya pada 18 Juni sampai 19 Agustus 2018. Sementara, ada pula empat unit bus mini yang akan beroperasi di Rusia pada 18 Juni – 15 Juli 2018. Bus-bus tersebut akan menelusuri berbagai jalur utama dan jalan tersibuk Sankt Peterburg.

Tak hanya lewat bus wisata, kampanye “Wonderful Indonesia” juga akan dilakukan melalui sebuah papan iklan digital di dua tempat strategis di ibu kota, yaitu Novy Arbat dan Yerevan Plaza mulai 15 Juni hingga 16 Juli 2018 mendatang. Selain itu, akan terdapat pula penyelenggaraan Festival Indonesia ketiga di Moskow pada 3-5 Agustus 2018. Festival ini merupakan festival promosi Indonesia yang kedua pada tahun 2018 setelah pada akhir April dan bulan Mei 2018 lalu telah diselenggarakan angkaian kegiatan Festival Kuliner Indonesia di Moskow dan pagelaran budaya Indonesia dengan menampilkan wayang kulit Ki Anom Suroto dan Ki Bayu Aji di St. Petersburg, Moskow dan Korolyov, Moskow Region.

Aalsan lain mengapa Kementrian Pariwisata RI gencar mempromosikan “Wonderful Indonesia” di Rusia yakni dikarenakan pada bulan Juni-Juli 2018 kedua kota tersebut akan diselenggarakan pesta sepak bola dunia, Piala Dunia 2018. Maka dari itu,promosi citra “Wonderful Indonesia” dan “Asian Games 2018 Jakarta-Palembang”sangat tepat dilakukan di kedua kota ini.

Agatha Olivia

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here