Ilustrasi dompet kosong

Kitogalo.com – Saat gajian di akhir bulan, kamu pasti akan membeli segala barang yang kamu taksir. Pengeluaran yang besar di awal gajian, pastinya akan membuat pola finansial kamu tak teratur dan akhirnya di tengah bulan kamu kehabisan uang.

Ada beberapa hal yang bisa membuat kamu cepat kehabisan uang. Selain kamu boros, pola hidup kamu juga akan semakin memperburuk keadaan perekonomian kamu.

Apa saja sih kebiasaan terus-menerus yang sering menguras keuangan kamu?

  1. Makan di Luar
Makan di restoran

Kebiasaan kamu sering sarapan, makan siang atau makan malam di luar, seperti cafe dan restoran, ini yang membuat pengeluaran kamu membengkak.

Meskipun biaya makan kamu sedikit, jika lama-lama dilakukan pastinya akan mengurangi budjet uang di kantong kamu.

Kamu bisa menyiasatinya dengan sarapan di rumah, membawa bekal untuk makan siang dan makan malam di rumah saja.

Jika harus makan di luar rumah, pastikan makanan yang kamu pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu. Tentunya kamu harus mempertimbangkan harganya juga.

2. Tergiur Diskon

Diskon

Lagi jalan-jalan di mall atau pusat perbelanjaan, kamu langsung tergiur dengan tawaran diskon barang. Meskipun tidak dibutuhkan, tapi biasanya kamu berpikir ‘kapan lagi coba dapat harga segini‘.

Pola inilah yang harus kamu ubah. Belilah barang yang benar-benar dibutuhkan, bukan diinginkan. Pilih harga yang terjangkau.

3. Lapar Mata

Shopping

Dunia bisnis cenderung menggunakan banyak taktik untuk memaksa konsumen membeli barang-barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Sebuah studi mengklaim pembelian semacam ini umum terjadi pada pembeli impulsif atau ‘lapar mata’. Ketika memasuki pusat perbelanjaan, mereka kerap membeli apa saja yang menurut mereka bagus, unik, lucu, menarik, tanpa memperhatikan kebutuhannya apa.

Jika itu terjadi dengan kamu, harus langsung diingat-ingat berapa lama lagi kamu akan mendapatkan gaji. Jangan sampai ‘lapar mata’ kamu, akan membuat dompet kamu benar-benar kosong.

4. Gunakan Produk Sekali Pakai

Botol plastik sekali pakai

Sebenarnya ini adalah hal sepele, namun harus tetap kamu perhatikan lho. Penggunaan barang sekali pakai, akan membuat hidupmu boros dan konsumtif. Lama-kelamaan, kamu akan mengeluarkan budjet lebih untuk kembali membeli barang yang sama.

Contohnya seperti botol air mineral atau goodie bag belanja. Sebenarnya itu bisa kamu siasati. Yaitu dengan membawa tumbler sendiri dan bisa diisi ulang di kantor atau restoran.

Sama juga dengan goodie bag untuk belanja, yang bisa kamu bawa dari rumah. Saat kamu akan belanja, tidak perlu lagi membeli goodie bag. Langkah ini juga turut mengurangi sampah plastik.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Hei Traveler! Yuk Cobain Naik KA Bandara Soetta ke Jakarta

Kamu Suka Menulis Essay, Yuk Ikuti Lomba ASEAN-Korea Ini

Bioskop Palembang Square Mall Larang Anak-anak Tonton Film Joker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here