Ikan Hiu (Sumber NET)

Kitogalo.com, Palembang – Habitat ikan hiu yang hidup di lautan kini ditemukan di perairan Sungai Musi, Sumatera Selatan (Sumsel). Ikan predator ini tersangkut di jaring nelayan, saat akan menangkap ikan sungai di aliran Sungai Musi.

Samsul, nelayan yang tinggal di Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati Palembang menemukan ikan hiu jenis cucut, pada hari Kamis (5/9/2019) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

“Saat saya mengecek, kaget juga karena tidak tahu ikan jenis apa ini. Beratnya bisa mencapai 2,5 Kilogram,” ujarnya, Senin (9/9/2019).

Dia pun menanyakan ke nelayan lain, jenis ikan apa yang ditemukan. Saat dilihat bentuknya, nelayan lain mengatakan bahwa ikan tersebut adalah anakan hiu.

Penemuan ini sontak membuat heboh warga sekitar. Karena baru kali ini ditemukan ikan hiu di perairan Sungai Musi.

Namun setelah diangkat dari perahu, ikan hiu ini akhirnya mati. Padahal Samsul berencana akan memeliharanya di rumah.

“Saat saya angkat, langsung mati. Padahal mau saya masukkan di dalam bak. Sekarang ikannya sudah saya jadikan ikan asin,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi ke Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan (PSDKP) Palembang, ternyata jenis hiu cucut ini bukan jenis fauna yang dilindungi.

“Hiu ini bukan spesias ikan yang dilindungi Undang-Undang (UU), sama seperti hiu macan dan martil. Karena tidak termasuk jenis hewan langka,” katanya.

Habitat ikan hiu ini sebenarnya hidup di perairan dengan kadar garam yang tinggi atau air asin. Kemungkinan masuknya ikan hiu cucut ini, karena berbatasan aliran Sungai Musi berbatasan dengan muara laut.

Masuknya ikan hiu ini di Sungai Musi kemungkinan karena desalinasi atau proses hilangnya kadar garam berlebih dalam air saat musim kemarau. Kondisi alam ini juga sering terjadi di beberapa daerah lain.

“Namun ada banyak juga faktor alam lainnya, sehingga ikan hiu jenis cucut ini masuk ke perairan Sungai Musi,” ucapnya.

Biasanya ukuran normal ikan hiu jenis cucut ini bisa lebih dari 1 meter. Namun karena bukan habitatnya, ikan hiu ini tidak akan bertahan lama hidup di perairan jenis air tawar.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Mau Nambah Pahala, Ini Puasa Sunah di Bulan Muharram 1441 Hijriah

Konser Terakhir Westlife di Indonesia Berakhir Manis

KLHK Tunjuk Palembang Jadi Pilot Project Rencana Aksi Perubahan Iklim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here