Foto Bersama Latihan Perdana Belisario. Sumber Foto: Redaksi Kitogalo.com

Kitogalo.com, Palembang – Belisario adalah paduan suara yang berasal dari Universitas Sriwijaya (Unsri) di Sumatera Selatan (Sumsel). Berdiri pada tahun 1986, Belisario awalnya merupakan vokal grup yang berasal dari Fakultas Tenik Unsri.

Tahun ini, Belisario kembali mengadakan open recruitment serta audisi yang telah diselenggarakan pada bulan Agustus hingga akhir September 2018.

Sebanyak 200 orang mengikuti seleksi paduan suara dan hanya 54 peserta yang terpilih menjadi anggota baru. Para anggota baru pun memasuki sesi latihan perdana bersama member senior yang sudah diadakan pada hari Sabtu, 6 Oktober 2018.

Latihan perdana diadakan untuk memperkenalkan para anggota baru kepada anggota aktif dan senior Belisario. Para anggota baru diajak berlatih membaca not dan persiapan sebelum bernyanyi.

Belajar membaca not nada ini ternyata tidak mudah. Para anggota baru harus berlatih selama lima jam, dimulai dari pukul 12.00 WIB hingga 17.00 WIB, di gedung FKIP Unsri Kabupaten Ogan Ilir Sumsel.

Latihan dengan durasi panjang dibuat agar para anggota baru bisa lebih mudah beradaptasi dengan Belisario.

“Latihannya seru, senior-seniornya juga ramah dan welcome. Pertama kali aku lihat senior Belisario, gak nyesel masuk padus ini,” ujar Brigitta Sarah, salah satu anggota baru Belisario, kepada Kitogalo.com, Kamis(11/10/2018).

Tak hanya Brigitta, anggota baru Belisario lainnya bernama Christina Natalia juga merasa senang bisa berlatih bersama dengan para seniornya.

Ia mengungkapkan, seluruh anggota baru yang sudah bisa membaca not maupun yang belum bisa sama-sama belajar.

Latihan rutin Belisario diadakan setiap hari Sabtu setiap minggunya. Jika ada even tertentu, akan diadakan penambahan jadwal latihan.

“Even yang akan kami ikuti pada bulan Maret tahun depan, yakni National Folklore Festival (NFF) di Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Ini membutuhkan jadwal latihan yang ketat. Akan ditambah jadwal latihan tiap minggunya,” kata Faisal Rahman, Ketua Umum Belisario.

Belisario juga akan kembali menyelenggarakan konser di akhir tahun 2018 dan mengikuti kompetisi internasional, yaitu 8th Bali International Choir Festival pada bulan Juli 2019.

“Kami akan terus rajin mengikuti kompetisi nasional dan internasional”, ucapnya.

Paduan suara Unsri ini sudah beberapa kali menyabet penghargaan di tingkat nasional. Tahun ini saja, Belisario memenangkan Gold Medal Level 1 pada 7th Bali International Choir Festival yang diselenggarakan pada 24-28 Juli 2018.

Belisario berharapkan agar mereka tidak hanya berpuas diri meraih medali saja, namun bisa menjadi Grandprix Champion. Prestasi ini semakin menunjukkan bahwa para mahasiswa dan mahasiswi Sumsel bisa bersaing dalam kompetisi kelas dunia.

Salut ya… !

Agatha Olivia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here