Kitogalo.com – Palembang tidak hanya menyajikan wisata kulinernya saja. Banyak juga wisata alam dan sejarah yang dapat kita tandangi ketika kita berkunjung ke Palembang. Mulai dari Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang hingga Legenda Pulau Kemaro. Yup, mungkin sebagian dari kamu ada yang belum tau tentang pulau kemaro ini.

Ulasan kali ini kita akan membahas tentang Pulau Kemaro. Pulau Kemarau atau biasa disebut dengan Pulau Kemaro adalah pulau kecil yang terletak di Sungai Musi. Letaknya sekitar 6 kilometer dari Jembatan Ampera dengan kapal kecil menyusuri sungai. Selain dapat menjangkaunya dari Jembatan Ampera, kita juga dapat menjangkau Pulau Kemaro ini dari Pabrik Pupuk Sriwijaya (PUSRI), Pertamina Plaju, dan Sungai Gerong.

Pulau ini identik dengan kaum Tionghoa, karena di pulau tersebut terdapat sebuah vihara cina (Klenteng Hok Tjing Rio). Selain itu, terdapat juga kuil Buddha yang sering dikunjungi umat Buddha untuk beribadah atau berziarah ke makam. Biasanya juga sering diadakan perayaan Cap Go Meh setiap Tahun Baru Imlek. Tidak hanya kaum Tionghoa dari Indonesia saja yang berdatangan, namun turis dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan China pun menjadi langganan tiap tahunnya.

Tidak hanya menjadi tempat wisata religi, pulau ini juga terkenal akan legendanya. Pulau yang terletak di tengah-tengah sungai Musi ini menyimpan kisah cinta antara Tan Bun An, seorang pangeran dari negeri Cina dengan Siti Fatimah seorang putri Sultan Palembang. Kisah ini terjadi di masa pemerintahan Sultan Palembang sekitar tahun 1706-1714M. Sepasang kekasih ini mati menceburkan diri ke dalam Sungai Musi dan kuburannya menjadi seonggok tanah yang menjadi Pulau Kemaro. Legenda ini pun menjadi ikon Pulau Kemaro.

Daya tarik dari tempat ini adalah Pagoda dengan 9 lantai yang menjulang di tengah-tengah pulau. Selain itu, terdapat sebuah pohon yang disebut “Pohon Cinta” yang dilambangkan sebagai “Cinta Sejati” antara dua bangsa dan dua budaya yang berbeda. Tiap akhir pekan Pulau Kemarau kerap menjadi destinasi wisata bagi para pelajar di Palembang. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, menyambangi Pulau Kemaro ini dapat menjadi alternatif berwisata yang murah meriah.

Dian Pramita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here