Kebakaran Hutan dan Lahan (Sumber : Tigapilarnews.com)

Kitogalo.com, Palembang – Kabut asap yang mulai menyelimuti Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di berbagai daerah. Bahkan saat ini karhutla meluas di dua kabupaten di Sumsel.

Musim kemarau membuat karhutla semakin meluas 11 kabupaten, terutama disumbang dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel.

Dari pantauan Satelit Lapan pada hari Minggu (8/9/2019), ada 66 hotspot di Provinsi Sumsel. Yaitu 20 hotspot di Kabupaten Muba, 11 hotspot di Kabupaten OKI, 16 hotspot di Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Ada 6 titik di Kabupaten Muara Enim, 4 hotspot di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), 3 titik api di Kabupaten Banyuasin, 2 titik di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dan Lahat.

Titik api juga menyebar di Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten OKU Selatan.

Menurut Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori, kebakaran lahan yang cukup luas berada di kawasan gambut sedalam 1-3 meter.

“Kawasan yang terbakar ini berada di Pangkalan Lampam dan Tulung Selapan di Kabupaten OKI Sumsel,” ujarnya, Senin (9/9/2019).

Satuan Tugas (Satgas) BPBD Sumsel terus melakukan upaya pemadaman, baik dari jalur darat maupun udara dengan heli waterbombing.

Editor : Nefryu

BACA JUGA :

Komentar Kocak Warganet Tanggapi Migrasi Hiu ke Sungai Musi

Wow.. Ikan Hiu Bisa Hidup di Sungai Musi

Mau Nambah Pahala, Ini Puasa Sunah di Bulan Muharram 1441 Hijriah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here