Alex Noerdin saat melancarkan acara launching Kebun Raya Sriwijaya (rmolsumsel.com)

Kitogalo.com, Palembang – Sumatera Selatan ternyata juga memiliki kebun raya yang bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi tujuan wisata. Kebun Raya Sriwijaya, begitu sebutan kebun yang dibangun di atas lahan basah, rawa-rawa yang terbentang di Kabupaten Ogan Ilir.

Dilansir dari Sripoku.com, pembangunan kebun raya yang mendapatkan apresiasi dunia Internasional ini diresmikan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin secara langsung pada Jumat (27/7/2018). Lokasinya bukan di Palembang, tapi di Desa Bakung Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir.

Alex menuturkan lima fungsi bisa dijalankan jika kebun raya Sumsel ini resmi beroperasi. Salah satu fungsinya ialah sebagai tempat edukasi pendidikan tentang tumbuh-tumbuhan dan penghijauan bagi generasi bangsa yang tengah mengeyam pendidikan mulai anak-anak sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Alex juga menambahkan, ragam tumbuhan yang dibudidayakan mencapai ratusan jenis.
“Ada lebih dari 300 jenis pohon tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan di lahan seluas seratus hektar,” kata dia.

Selain itu, tempat yang memiliki luas sekitar 100 hektare ini juga bisa dijadikan tempat untuk melancong melepas lelah. Jadi, masyarakat tak perlu jauh-jauh ke Kebun Raya Bogor di Jawa Barat karena Kebun Raya Sriwijaya bisa jadi alternatifnya.

Pemerintah harus menjadikan tempat ini sustainable tourism dengan terus mengadakan perbaikan dan pembangunan kawasan. “Kita akan terus mendorong pembangunan dikawasan ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Provinsi terhadap lingkungan,” jelas Alex.

Harapan yang dihaturkan oleh orang nomor satu di Sumsel ini yakni kebun raya ini bisa lebih maju sehingga masyarakat bisa mengandalkan tempat ini sebagai salah satu identitas daerah milik bersama.

Ia juga berharap dengan adanya tempat wisata baru, kondisi ekonomi masyarakat setempat bisa menjadi lebih baik. “Yang terpenting, kebun raya ini dapat memberikan manfaat demi mendongkrak perekonomian warga sekitar lokasi kebun raya,” Tutup Alex.

Heti Rahmawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here